PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUNDTABLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SINGARAJA

Authors

  • Gusti Ayu Ari Primandani .
  • Drs.I Made Sugiarta,M.Si .
  • Drs.Djoko Waluyo,M.Sc .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v3i1.5584

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe roundtable lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Singaraja tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Data prestasi belajar matematika siswa diperoleh melalui tes uraian yang diberikan di akhir penelitian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil post-test menunjukkan bahwa rata-rata skor prestasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe roundtable adalah 45,16, sedangkan rata-rata skor prestasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional adalah 34,97. Dari hasil analisis data, diperoleh t_hitung=3,589 dan t_tabel=2,000. Jika dibandingkan nilai t_hitung>t_tabel sehingga H_0 ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe roundtable lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe roundtable, pembelajaran konvensional, prestasi belajar matematika.

This research was aimed to investigate whether learning achievement mathematics of the students who learned with roundtable cooperative learning model better than the students who learned with conventional learning. The research design used in this research was the post-test only control group design. The population in this study were all students of Class VIII SMP Negeri 5 Singaraja in academic year 2014/2015. Sample was choosen by using random sampling technique. Data of learning achievement mathematics were obtained from essay test that given to students at the end of the study. Data were obtained then analyzed by using t test. The result of post-test showed that the mean scores of students’ learning achievement that learned with roundtable cooperative learning model is 45,16, while the mean scores of students’ learning achievement that learned with conventional learning model is 34,97. From the data analyzed, obtained t_observed=3,589 dan t_(critical value)=2,000. Then, t_observed>t_(critical value) so that H_0 was rejected. Therefore, it concluded that the learning achievement of students who learned with roundtable cooperative learning model better than students who learned with the conventional learning.
keyword : roundtable cooperative learning model, conventional learning model, learning achievement mathematics.

Published

2015-07-29

Issue

Section

Articles