PROSES BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH SPLDV BERBASIS MULTIKULTURAL KELAS X DI SMK NEGERI 6 JEMBER

PROSES BERPIKIR TINGKAT TINGGI, PEMECAHAN MASALAH, SPLDV BERBASIS MULTIKULTURAL

Penulis

  • Rieke Nur Safitri UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Mohammad Mukhlis UIN Kiai Haji Achmad Siddi Jember

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v14i1.57708

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir tingkat tinggi siswa dalam memecahkan masalah SPLDV berbasis multikultural. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dua subjek memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi level analisis, dua subjek level evaluasi. Subjek yang memiliikemampuan berpikir tingkat tinggi level analisis karena memenuhi indikator dilihat dari subjek mampu menganalisis masalah dengan membedakan informasi penting dan tidak penting, mampu mengorganisasikan atau menggolongkan informasi yang diperoleh menjadi struktur baru yang koheren dan siswa mampu menghubungkan bagian-bagian yang ada ke dalam suatu permasalahan. Sedangkan subjek level evaluasi karena memenuhi indikator dilihat dari subjek mampu memeriksa fakta-fakta yang diperoleh dan mampu mengkritisi yang kurang tepat. Berdasarkan hal tersebut subjek dinyatakan memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi level analisis dan evaluasi termasuk kategori sangat baik.

Kata kunci: pemecahan masalah, proses berpikir tingkat tinggi, SPLDV berbasis multikultural

Diterbitkan

2023-04-30