PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SINGARAJA

Penulis

  • Ni Luh Putu Ratna Sari .
  • Drs. Sariyasa,M.Sc., Ph.D .
  • Dra.Ni Made Sri Mertasari, M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v3i1.5940

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Index Card Match (ICM) lebih tinggi daripada prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 324 orang yang terdistribusi ke dalam 10 kelas. Pengujian kesetaraan populasi dilakukan dengan menggunakan Analisis Varians (ANAVA) satu jalur. Data yang digunakan dalam melakukan uji kesetaraan adalah nilai ulangan akhir semester ganjil siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dan diperoleh dua kelas dimana satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian post test only control group design. Data prestasi belajar matematika siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes prestasi belajar matematika. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji-t pihak kanan pada taraf signifikan 5% dan di dapat thitung sebesar 4,76 sedangkan ttabel sebesar 1,66. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Index Card Match (ICM) lebih tinggi daripada prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif dengan strategi Index Card Match (ICM) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Strategi Index Card Match (ICM), Prestasi Belajar Matematika

The aim of this research was to know the effect of cooperative learning model with Index Card Match (ICM) of mathematics learning achievment. The population in this research were all 324 students of grade VIII SMP Negeri 4 Singaraja in academic year 2014/2015 distributed into 10 classes. Population equality testing was done by using one-way Analysis of Variance (ANAVA) . Data used in the equality test is the final test scores of students in grade VIII in academic year 2014/2015. The process of selecting the sample was closer by a random sampling technique. and obtained two classes where one class as the experimental class and the other class as a class control. The aim was categorized as a quasi-experimental research (quasi) with a research design post test only control group design. Mathematics learning achievement data collected using mathematics achievement test. Furthermore, the data were analyzed using t-test of the parties to the significant level of 5% and obtained t thitung 4,76 and ttabel 1,66 . The results show that the the mathematics learning achievement of students who learned through cooperative model with Index Card Match (ICM) strategy is higher than the mathematics learning achievment of students who learned through convensional learning. It can be concluded that the cooperative model with a strategy Index Card Match (ICM) positive effect on students' mathematics achievement.
keyword : Cooperative Learning Model, Index Card Match (ICM) Strategy, Mathematics Learning Achievement.

Diterbitkan

2015-08-12

Terbitan

Bagian

Articles