PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN QUIZWHIZZER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v14i1.59520Abstrak
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika pada materi turunan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan QuizWhizzer. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan dua tahap atau dua siklus, di setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI MIPA 7 SMAN 1 Kuta Utara dengan jumlah 46 siswa sedangkan untuk sumber datanya berasal dari guru kelas dan siswa. Dalam teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan non tes. Untuk non tes dilakukan dengan observasi, kajian dokumen dan angket. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan analisis kuantitatif. Berdasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan di Kelas XI MIPA 7 SMAN 1 Kuta Utara, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) yang berbantuan QuizWhizzer dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi turunan. Hasil belajar yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu ketuntasan belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan terjadinya peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I yaitu 60,87 % menjadi 80,43 % pada siklus II. Dengan demikian, pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan QuizWhizzer dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 7 SMAN 1 Kuta Utara.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Kadek Gita Saraswandewi, I Wayan Sumandya
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.