Analisis Kesalahan Siswa SD dalam Menyelesaikan Soal HOTS Matematika Berdasarkan teori Newman

Penulis

  • Raphita Yanisari Silalahi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Kartika Dewi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v14i1.59605

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis kesalahan siswa finalis Gema Lomba Matematika (GLM) Universitas Pendidikan Ganesha Tahun 2023 tingkat sekolah dasar berdasarkan teori Newman. Soal yang digunakan pada GLM merupakan soal tipe berpikir tingkat tinggi/higher order thinking skills (HOTS). Subyek penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu jawaban dari 2 siswa nilai tertinggi, 2 jawaban siswa dengan nilai menengah, serta 2 jawaban siswa dengan nilai terendah. Data kesalahan siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode triangulasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa paling banyak melakukan kesalahan proses (40%). Selain itu siswa juga melakukan kesalahan pemahaman (37%) dan kesalahan transformasi (23%). Secara umum siswa melakukan kesalahan sebab kurangnya kemampuan pemahaman siswa terhadap konsep yang berkaitan dengan soal. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan adalah siswa tidak memahami konsep terkait, siswa tidak dapat merancang strategi dalam menjawab soal tipe HOTS, serta kepanikan siswa dalam mengikuti lomba.

Diterbitkan

2023-04-30