ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONTEKSTUAL PADA MATERI SPLDV BERDASARKAN TEORI NOLTING

Penulis

  • Kadek Rahayu Puspadewi Pendidikan Matematika Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v14i1.59802

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII A SMPN 2 Kuta Utara dalam menyelesaikan soal kontekstual pada materi SPLDV berdasarkan teori Nolting. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMPN 2 Kuta Utara yang terdiri dari 6 siswa, yaitu 2 siswa kemampuan tinggi, 2 siswa kemampuan sedang, dan 2 siswa kemampuan rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesalahan membaca petunjuk sebesar 28,04%, kesalahan kecerobohan sebesar 5,61%, kesalahan konsep sebesar 19,63%, kesalahan penerapan sebesar 1,87%, kesalahan pengerjaan tes sebesar 24,30%, dan kesalahan belajar sebesar 20,56%. Penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa, yaitu siswa kurang teliti dan terlalu terburu-buru, siswa tidak memanfaatkan waktu dengan baik, siswa kurang memahami maksud soal, siswa tidak mengetahui rumus atau metode penyelesaian SPLDV, siswa kurang memahami prosedur dari metode SPLDV, konsep operasi hitung bilangan bulat dan operasi hitung aljabar, siswa tidak terbiasa menulis kesimpulan, siswa jarang melakukan latihan soal kontekstual, dan siswa berpatokan pada satu sumber belajar.

Biografi Penulis

Kadek Rahayu Puspadewi, Pendidikan Matematika Universitas Mahasaraswati Denpasar

Dosen Prodi Pendidikan Matematika, Unmas Denpasar.

Diterbitkan

2023-04-14