Pengaruh Model Pembelajaran MASTER (Motivating, Acquiring, Searching, Triggering, Exhibiting, and Reflecting) Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri 8 Singaraja
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v14i2.65521Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MASTER berbantuan Geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan kategori penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 8 Singaraja tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 326 orang yang terdistribusi ke dalam delapan kelas. Teknik cluster random sampling digunakan untuk memperoleh sampel dalam penelitian ini yaitu kelas eksperimen (kelas VII 4) dan kelas kontrol (kelas VII 2). Bentuk tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes uraian (essay) dengan jumlah lima soal yang diberikan kepada kelompok eksperimen dan kontrol pada pertemuan akhir penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil nilai thitung (3,763) > ttabel (1,664) dengan demikian H0 ditolak. Hal tersebut dapat diartikan bahwa penggunaan model pembelajaran MASTER berbantuan Geogebra berpengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 8 Singaraja. Berdasarkan hasil penelitian ini, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran MASTER berbantuan Geogebra dapat direkomendasikan untuk dijadikan sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.
Kata kunci: Model Pembelajaran MASTER, Geogebra, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Made Tiara Maharani Tiara
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.