Pengaruh Pembelajaran TPS Berbantuan Teknik Berpikir Analogi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Negeri 1 Seririt
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v14i2.66388Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan teknik berpikir analogi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini adalah kuasi-eksperimental, dengan post-test only control group design. Seluruh siswa SMA Negeri 1 Seririt pada tahun pelajaran 2022/2023 sejumlah 673 siswa merupakan populasi penelitian. Teknik pengambilan sampel menerapkan Purposive sampling, terpilihlah kelas XI MIA 1 sejumlah 39 siswa sebagai kelas eksperimen, XI MIA 3 sejumlah 38 siswa sebagai kelas pembanding, dan XI MIA 2 sejumlah 39 siswa sebagai kelas kontrol. Skor post test digunakan untuk menyusun data kemampuan pemecahan masalah matematika, kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan ANAVA satu jalur. Rata-rata post test siswa kelompok eksperimen mendapat skor , kelompok pembanding mendapat skor , dan siswa kelompok kontrol rata-rata . Secara keseluruhan, kelompok eksperimen mengungguli kelompok kontrol dan pembanding.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS Berbantuan Teknik Berpikir Analogi, Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Putu Garly Arya Riantara, Ni Made Sri Mertasari, I Made Candiasa
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.