Pengaruh Pembelajaran TPS Berbantuan Teknik Berpikir Analogi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Negeri 1 Seririt

Penulis

  • Putu Garly Arya Riantara Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Sri Mertasari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Candiasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v14i2.66388

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan teknik berpikir analogi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini adalah kuasi-eksperimental, dengan post-test only control group design. Seluruh siswa SMA Negeri 1 Seririt pada tahun pelajaran 2022/2023 sejumlah 673 siswa merupakan populasi penelitian. Teknik pengambilan sampel menerapkan Purposive sampling, terpilihlah kelas XI MIA 1 sejumlah 39 siswa sebagai kelas eksperimen, XI MIA 3 sejumlah 38 siswa sebagai kelas pembanding, dan XI MIA 2 sejumlah 39 siswa sebagai kelas kontrol. Skor post test digunakan untuk menyusun data kemampuan pemecahan masalah matematika, kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan ANAVA satu jalur. Rata-rata post test siswa kelompok eksperimen mendapat skor , kelompok pembanding mendapat skor , dan siswa kelompok kontrol rata-rata . Secara keseluruhan, kelompok eksperimen mengungguli kelompok kontrol dan pembanding.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS Berbantuan Teknik Berpikir Analogi, Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

 

Diterbitkan

2023-10-30