Profil Kebugaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri 1 Jinengdalem Kabupaten Buleleng
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang profil kebugaran jasmani peserta didik kelas V SD Negeri 1 Jinengdalem. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Jinengdalem. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara menetapkan secara acak, sehingga diperoleh kelas V SD Negeri 1 Jinengdalem sebagai sampel penelitian dengan jumlah siswa 28 orang. Data penelitian ini berupa skor kebugaran jasmani yang diperoleh dari beep test. Data skor kebugaran jasmani peserta didik kelas V SD Negeri 1 Jinengdalem tersebut dianalisis secara deskriptif menggunakan SPSS 26.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profil kebugaran jasmani peserta didik kelas V SD Negeri 1 Jinengdalem berada pada kategori baik sebanyak 4 peserta didik (14,3%), berada pada kategori cukup sebanyak 14 peserta didik (50,0%), berada pada kategori rendah sebanyak 10 peserta didik (35,7%), dan tidak ada peserta didik yang berada pada kategori baik sekali dan sangat rendah. Data tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Jinengdalem (50,0%) memiliki profil kebugaran jasmani yang cukup.
Referensi
Abdullah, A., & Manaji, A. (1994). Dasar-dasar Pendidikan Jasmani. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.
Budianto, D. (2022). Tingkat Kesegaran Jasmani Pada Siswa Kelas VII di SMP Smart Indonesia School Pekanbaru. Journal Research of Sports and Society, 1(1), 1-10.
Kanca, I. N. (2010). Metodologi Penelitian Pengajaran Penddikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja: Universitas Penddikan Ganesha.
Lengkana, A. S., & Muhtar, T. (2021). Pembelajaran Kebugaran Jasmani. Bandung: CV Salam Insan Mulia.
Lutan, R. (2002). Menuju Sehat dan Bugar. Jakarta: Depdiknas.
Morissan A. M., Wardhani, A. C., & Hamid, F. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.
Natal, Y. R. (2022). Profil Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik SMP di Masa Pandemi. Jurnal Penjakora, 9(1), 62-70.
Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Bandung: Ghalia Indonesia.
Prasetio, E., Sutisyana, A., & Ilahi, B. R. (2017). Tingkat Kebugaran Jasmani Berdasarkan Indeks Massa Tubuh pada Siswa SMP Negeri 29 Bengkulu Utara. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani,1(2), 86-91.
Samsudin. (2008). Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Prenada Media Group.
Sepriadi, S. (2017). Kontribusi Status Gizi dan Kemampuan Motorik terhadap Kesegaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 194-206.
Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Wiarto, G.(2013). Fisiologi dan Olahraga. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Unduhan
Diterbitkan
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 nasri wantik wantik, Made Agus Wijaya, Ni Luh Putu Spyanawati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pelatihan Olahraga Pariwisata is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.