UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS DAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI METODE PEMBELAJARAN SMALL GROUP ACTIVITY

Penulis

  • I Komang Sukarata Adnyana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Suwarjana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Budaya Astra Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Pembelajaran Kooperatif, Tipe Jigsaw, Audiovisual

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar PJOK materi permainan bola besar (bola voli passing atas dan passing bawah) pada peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 5 Baturiti melalui metode pembelajaran Small Group Activity (SGA). Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas dengan subjek penelitiannya seluruh peserta didik kelas VIII B yang berjumlah 24 peserta didik. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap observasi awal keberhasilan peserta didik hanya 66,7%. Pada pelaksanaan siklus I, hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 79,2%. Pelaksanaan tindakan siklus II juga meningkat menjadi 93,1% peserta didik memenuhi kriteria ketuntasan minimum. Berdasarkan hasil belajar secara klasikal dapat disimpulkan bahwa, metode pembelajaran Small Group Activity dapat meningkatkan hasil belajar passing atas dan passing bawah pada peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 5 Baturiti. Disarankan kepada guru PJOK agar dapat meningkatkan motode pembelajaran Small Group Activity pada materi permainan bola besar (bola voli passing atas dan passing bawah ) pada peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 5 Baturiti karena terbukti melalui penelitian ini dapat meningkatka hasil belajar.

Referensi

Adnyana, K. S., & Gunarto, P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Servis dalam Permainan Bolavoli. Jurnal Penjakora, 7(2), 160-164.

Aspi, M., & Syahrani. 2022. Profesional Guru Dalam Menghadapi Tanangan Perkembangan

Teknologi Pendidikan. ADIBA: Journal Of Education, 2(1), 64–73.

Bachtiar, F. A., Herlambang, T., & Setiawan. 2019. Keefektifan Tingkat Keterampilan Passing Bawah dan Passing Atas Pada Pembelajaran Bolavoli Berbasis Aplikasi Android di SMK Negeri 5 Semarang. Prosiding. Seminar Nasional KeIndonesiaan IV Tahun 2019 “Multikulturalisme dalam Bingkai Ke-Indonesiaan Kontemporer”; 173- 180.

Boleng, L. M., Babang, V. M. M. F., & Suaib, R. 2020. Pengembangan Media Audio Visual Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli Siswa Kelas VI SD Inpres Oeba 1 Kupang. Journal of Physical Education Health and SporSciences,1(2), 18-26. https://penjaskes.undana.ac.id/wp- content/uploads/2022/04/Development-of-Audio-VisualPassing- Lukas.pdf.

Erayani, N. L., Sudika, I. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UTUK MENINGKATKAN

Fahmi, M. 2022. Analisis Gerak Anatomi Passing Bawah dalam Permainan Bolavoli Menggunakan Aplikasi Android “VAS” (Volleyball Analysis Skill). Jurnal Ilmu Keolahragaan, 21(2), 174-183.

Fernando, J. 2022. Media Pembelajaran Bolavoli Interaktif Berbasis Android. Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia (JOKI), 2(2), 94- 99. https://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JOK/article/view/587/459.https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/jpkr/article/view/600 HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD, 2(2).

Irwanto, E. & Setyaningsih, P. 2020. Metode Pembelajaran Langsung dan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada Hasil Pembelajaran Pasing Bawah Bolavoli. Jurnal Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi Volume 6, No. 1. Diakses pada:

Mulyani, Fitri dan Nur Haliza. 2021. Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling 3 (1) : 103.

Pakpahan, A., et al. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Patah, M. P., Artanayasa, I. W., & Suwiwa, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 7(3), 99-108.

Pratama, M. A. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 2(2), 52-67 Pribadi. 2017. Media dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Cet Ke 1. Jakarta: PT. Balebat Dedikasih Prima.

Priyatno. 2013. Mandiri Belajar Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom

Rahmawati, E., Jaenudin, R., & Fitriyanti, F. (2018). Pengaruh Media Edmodo Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 2(2), 186-193.

Ramadhan, F., Yulianti, M., & Henjilito, R. 2020. Penerapan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar dribble bolabasket. Edu Sportivo Indonesian Journal of Physical Education, 1(1), 50–59. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(1).5122.

Sugiyono. 2019. In Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sundaya, Rostiana. 2016. Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta

Suryani, L., & Seto, S. B. 2021. Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatan Perilaku Cinta Lingkungan pada Golden Age. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini, 5(1), 900–908. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.601

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-03

Terbitan

Bagian

Articles