PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN AUDIOVISUAL

Penulis

  • I Made Allen Somanajaya Pradipta Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Pembelajaran Kooperatif, Tipe Jigsaw, Audiovisual

Abstrak

Model pembelajaran jigsaw merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan audiovisual terhadap hasil belajar PJOK  materi bola voli pada kelas VIII di SMP Negeri 1 Sawan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian the randomize pretest-posttes control group the same subject design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sawan Tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri dari dua kelas. Kelas VIII A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 orang dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 33. Metode pengumpulan data yang digunakan tes dan dokumentasi dengan menggunakan instrumen penilaian kongnitif, afektif, dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Independent Sample Tes dengan bantuan spss 22 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai mean untuk kontrol sebesar 76.09 sedangkan nilai mean untuk eksperimen sebesar 81.82. Nilai eksperimen lebih besar daripada kontrol. Selain itu didapatkan juga nilai p-value sebesar 0.000, nilai tersebut < 0.05. Jadi dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi bola voli kelas VIII di SMP Negeri 1 Sawan.

Referensi

Adnyana, K. S., & Gunarto, P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Servis Dalam Permainan Bolavoli. Jurnal Penjakora, 7(2), 160-164.

Aspi, M., & Syahrani. 2022. Profesional Guru Dalam Menghadapi Tanangan Perkembangan

Teknologi Pendidikan. ADIBA: Journal Of Education, 2(1), 64–73.

Bachtiar, F. A., Herlambang, T., & Setiawan. 2019. Keefektifan Tingkat Keterampilan Passing Bawah Dan Passing Atas Pada Pembelajaran Bolavoli Berbasis Aplikasi Android Di SMK Negeri 5 Semarang. Prosiding. Seminar Nasional Keindonesiaan IV Tahun 2019 “Multikulturalisme Dalam Bingkai Ke-Indonesiaan Kontemporer”; 173- 180.

Boleng, L. M., Babang, V. M. M. F., & Suaib, R. 2020. Pengembangan Media Audio Visual Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Siswa Kelas VI SD Inpres Oeba 1 Kupang. Journal Of Physical Education Health And Sporsciences,1(2), 18-26. Https://Penjaskes.Undana.Ac.Id/Wp- Content/Uploads/2022/04/Development-Of-Audio-Visualpassing- Lukas.Pdf.

Erayani, N. L., Sudika, I. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UTUK MENINGKATKAN

Fahmi, M. 2022. Analisis Gerak Anatomi Passing Bawah Dalam Permainan Bolavoli Menggunakan Aplikasi Android “VAS” (Volleyball Analysis Skill). Jurnal Ilmu Keolahragaan, 21(2), 174-183.

Fernando, J. 2022. Media Pembelajaran Bolavoli Interaktif Berbasis Android. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia (JOKI), 2(2), 94- 99. Https://Jurnal.Stokbinaguna.Ac.Id/Index.Php/JOK/Article/View/587/459.Https://Ojs.Ikippgribali.Ac.Id/Index.Php/Jpkr/Article/View/600 HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD, 2(2).

Irwanto, E. & Setyaningsih, P. 2020. Metode Pembelajaran Langsung Dan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Pada Hasil Pembelajaran Pasing Bawah Bolavoli. Jurnal Pendidikan Kesehatan Dan Rekreasi Volume 6, No. 1. Diakses Pada:

Mulyani, Fitri Dan Nur Haliza. 2021. Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (IPTEK) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling 3 (1) : 103.

Pakpahan, A., Et Al. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Patah, M. P., Artanayasa, I. W., & Suwiwa, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 7(3), 99-108.

Pratama, M. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Jigsaw Dengan Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 2(2), 52-67 Pribadi. 2017. Media Dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Cet Ke 1. Jakarta: PT. Balebat Dedikasih Prima.

Priyatno. 2013. Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom

Rahmawati, E., Jaenudin, R., & Fitriyanti, F. (2018). Pengaruh Media Edmodo Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(2), 186-193.

Ramadhan, F., Yulianti, M., & Henjilito, R. 2020. Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dribble Bolabasket. Edu Sportivo Indonesian Journal Of Physical Education, 1(1), 50–59. Https://Doi.Org/10.25299/Es:Ijope.2020.Vol1(1).5122.

Sugiyono. 2019. In Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sundaya, Rostiana. 2016. Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta

Suryani, L., & Seto, S. B. 2021. Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatan Perilaku Cinta Lingkungan Pada Golden Age. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini, 5(1), 900–908. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i1.601.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-03

Terbitan

Bagian

Articles