MONUMEN PERINGATAN IDA BHATARA MANTUK RING RANA” SEBAGAI MEDIA PEWARISAN NILAI –NILAI SEJARAH DI KALANGAN SISWA KELAS X DI SMA N 1 PAYANGAN, KECAMATAN PAYANGAN, GIANYAR, BALI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjps.v1i1.1002Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui latar belakang didirikanya Monumen PeringatanIda Bhatara Mantuk Ring Rana di Banjar Melinggih, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar,
(2) mengetahui proses pembangunan Monumen Peringatan Ida Bhatara Mantuk Ring Rana di
Banjar Melinggih, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, (3) mengetahui fungsi serta nilai-
nilai sejarah yang terkandung pada Monumen Peringatan Ida Bhatara Mantuk Ring Rana. Dalam
penelitian ini, data dikumpulkan dengan menggunakan metode kualitatif dengan tahap-tahap ;
(1) teknik penentuan lokasi penelitian, (2) teknik penentuan informan, (3) teknik pengumpulan
data (observasi, wawancara, kajian dokumen), (4) teknik penjamin keaslian data (triangulasi
data, triangulasi metode), dan (5) teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1)
ada dua faktor yang melatar belakangi pembangunan Monumen Peringatan Ida Bhatara Mantuk
Ring Rana dilihat dari faktor historis dan faktor sosio-kultur, (2) proses pembangunan Monumen
Peringatan Ida Bhatara Mantuk Ring Rana diinisiatori oleh masyarakat Banjar Melinggih yang
diarsiteki oleh anggota tutus paras Banjar Melinggih, (3)Fungsi dari pembangunan Monumen
Peringatan Ida Bhatara Mantuk Ring Rana adalah; (1) fungsi edukatif, (2) fungsi inspiratif, (3)
fungsi rekreatif, (4) fungsi politik, dan (5) fungsi sosio-kultur. Nilai-nilai yang terkandung pada
Monumen Peringatan Ida Bhatara Mantuk Ring Rana di antaranya; (1) nilai pendidikan, (2) nilai
patriotisme, (3) nilai religius, dan (4) nilai budi pekerti luhur.
Downloads
Published
2013-07-12
How to Cite
INDRA PRATAMA, I. G. (2013). MONUMEN PERINGATAN IDA BHATARA MANTUK RING RANA” SEBAGAI MEDIA PEWARISAN NILAI –NILAI SEJARAH DI KALANGAN SISWA KELAS X DI SMA N 1 PAYANGAN, KECAMATAN PAYANGAN, GIANYAR, BALI. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjps.v1i1.1002
Issue
Section
Articles