PERKEMBANGAN MOTIF KERAJINAN TENUN SONGKET DI DESA SIDEMEN, KARANGASEM, BALI (Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sejarah Kebudayaan Di SMA)

Authors

  • Agustiana Wikrama Tungga Wika Atmaja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjps.v1i1.1007

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor yang melatarbelakangi pengerajin tenun songket di Desa Sidemen memproduksi motif tradisional dan motif modern; (2) motif tradisional dan motif modern yang dibuat oleh pengerajin tenun songket di Desa Sidemen; dan (3) aspek-aspek yang terdapat pada motif tradisional dan motif modern yang bisa dikembangkan sebagai sumber belajar sejarah kebudayaan di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu: (1) teknik penentuan informan; (2) teknik pengumpulan data (observasi, wawancara dan studi dokumen); (3) teknik pengolahan data/analisis data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) ada tiga faktor yang melatarbelakangi pengerajin tenun songket memproduksi motif tradisional dan motif modern dilihat dari faktor budaya, faktor ekonomi dan faktor lingkungan, (2) motif tradisional yang dibuat oleh pengerajin tenun songket di Desa Sidemen berbentuk geometris yang dipadukan dengan motif ornament tradisional bali yang sifatnya natural, motif modernnya berupa kombinasi beraneka ragam corak dari hasil barang teknologi, (3) aspek-aspek pada motif tradisional dan modern yang bisa dijadikan sebagai sumber belajar yaitu, aspek pengetahuan tentang sumber daya alam, aspek ketekunan dan aspek kewirausahaan.

Downloads

Published

2013-07-12

How to Cite

Tungga Wika Atmaja, A. W. (2013). PERKEMBANGAN MOTIF KERAJINAN TENUN SONGKET DI DESA SIDEMEN, KARANGASEM, BALI (Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sejarah Kebudayaan Di SMA). Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjps.v1i1.1007

Issue

Section

Articles