PURA TAMAN NARMADA BALI RAJA DI DESA PAKRAMAN TAMANBALI, BANGLI, BALI (Sejarah, Struktur, dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sejarah Lokal)

Authors

  • NI WAYAN EKA KRISNA YANTI

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjps.v1i3.1015

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Desa Pakraman Tamanbali, Bangli, Bali yang bertujuan untuk mengetahui : (1) Sejarah keberadaan Pura Taman Narmada Bali Raja di Desa Pakraman Tamanbali; (2) Struktur dan Fungsi Pura Taman Narmada Bali Raja; dan (3) Potensi Pura Taman Narmada Bali Raja sebagai sumber pembelajaran sejarah lokal. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah, sehingga langkah-langkah yang dilakukan adalah (1) Heuristik; (2) Kritik Sumber; (3) Interpretasi; dan (4) Historiografi. Berdasarkan temuan di lapangan Pura Taman Narmada Bali Raja dibangun untuk mengenang sekaligus sebagai sarana melaksanakan bhakti sentana kepada leluhur Maha Gotra Tirta Harum Tamanbali. Struktur Pura Taman Narmada Bali Raja terdiri dari dua halaman, yakni madya mandala atau jaba tengah, dan utama mandala atau jeroan. Fungsi Pura Taman Narmada Bali Raja secara umum dapat dibagi empat yakni, (1) Fungsi Religius; (2) Fungsi Pendidikan; (3) Fungsi Sosial; (4) Fungsi Budaya. Pada utama mandala dan madya mandala Pura Taman Narmada Bali Raja didirikan pelinggih-pelinggih untuk mengenang jasa-jasa leluhur Maha Gotra Tirta Harum Tamanbali.

Downloads

Published

2012-12-12

How to Cite

EKA KRISNA YANTI, N. W. (2012). PURA TAMAN NARMADA BALI RAJA DI DESA PAKRAMAN TAMANBALI, BANGLI, BALI (Sejarah, Struktur, dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sejarah Lokal). Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 1(3). https://doi.org/10.23887/jjps.v1i3.1015

Issue

Section

Articles