“BIOGRAFI MAYOR NENGAH METRA” DAN SUMBANGANNYA BAGI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA

Authors

  • PUTU HARLEONY SUWERDY

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjps.v1i3.1017

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) Biografi Mayor Nengah Metra dan (2) Nilai-nilai kepahlawanan yang dapat diambil dari sosok Mayor Nengah Metra dalam rangka pembelajaran sejarah di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan sejarah yaitu: (1) pengumpulan sumber/heuristic (studi dokumen, teknik wawancara, teknik observasi; (2) kritik sumber (kritik intern dan kritik ekstern); (3) interpretasi; dan (4) penulisan sejarah/historiografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mayor Nengah Metra adalah putra kedua dari pasangan Wayan Sukiana dengan Ni Ketut Sudiarti dari Sibang, Abiansemal, Badung. Mayor Nengah Metra menempuh pendidikan dari HIS sampai dengan HKS/Sekolah Guru sehingga tumbuh besar menjadi seorang guru, sastrawan hingga pemimpin pada Pertempuran di Gintungan/Selat, Buleleng pada tahun 1946. Nilai-nilai kepahlawanan yang terkandung pada sosok Mayor Nengah Metra antara lain: (1) nilai keberanian; (2) nilai kewibawaan; (3) nilai rela berkorban; (4) nilai patriotisme; (5) nilai kemandirian; (6) nilai etika dan moral; (7) nilai kejujuran; (8) nilai menghargai dan menghormati orang lain; (9) nilai solidaritas. Nilai kepahlawanan Mayor Nengah Metra dapat dijabarkan pada materi sejarah (1) Kompetensi Dasar “Merekonstruksi Perkembangan Masyarakat Indonesia Sejak Proklamasi Hingga Demokrasi Terpimpin”; (2) Kompetensi Dasar “Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia Sejak Proklamasi Hingga Lahirnya Orde Baru” (3) serta pada Standar Kompetensi “Menganalisis Perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang”; (4) Standar Kompetensi “Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru”.

Kata Kunci: biografi, nilai kepahlawanan, pembelajaran sejarah.

Downloads

Published

2013-12-12

How to Cite

HARLEONY SUWERDY, P. (2013). “BIOGRAFI MAYOR NENGAH METRA” DAN SUMBANGANNYA BAGI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 1(3). https://doi.org/10.23887/jjps.v1i3.1017

Issue

Section

Articles