IDENTIFIKASI MASJID KUNO GUNUNG PUJUT DI DESA SENGKOL, PUJUT, LOMBOK TENGAH, NUSA TENGGARA BARAT, SEBAGAI BAHAN PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR SEJARAH LOKAL

Authors

  • ISROMI ALMAIDATA

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjps.v1i3.1021

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) sejarah Masjid Kuno Gunung Pujut, Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, (2) struktur dan bentuk bangunan Masjid Kuno Gunung Pujut, (3) aspek-aspek yang terkandung dalam Masjid Kuno Gunung Pujut yang dapat dijadikan bahan pengembangan sumber belajar sejarah lokal.

Sasaran penelitian ini adalah Masjid Kuno Gunung Pujut yang berada di Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah. Data dikumpulkan dengan metode observasi, studi dokumen, wawancara, selanjutnya kritik sumber, interpretasi, historiografi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Masjid Kuno Gunung Pujut diperkirakan berdiri sekitar tahun 1008 H = tahun caka 1509 = 1587 M, dipimpin para Wali di bawah pimpinan Baginda Raja secara bergotong royong, masjid ini di bangun di puncak gunung pujut karena kerjaan pujut ada di atas gunung pujut. Para Wali mengajarkan agama Islam sesuai dengan situasi dan kondisi setempat dan terarah dengan lambang atau sImbol,tujuan didirikan masjid dikarenakan oleh faktor agama (2) struktur bangunan Masjid Kuno Gunung Pujut sama dengan struktur bangunan Masjid Demak di Jawa. Bangunan Masjid mempunyai luas 9 m2, maknanya mengingatkan kita kepada kesembilan Wali. Bangunannya tegak menjulang, atapnya hampir menyentuh tanah. Hal ini mengandung makna: setiap orang hendak melakukan shalat haruslah merendahkan diri menyembah tuhan yang tinggi, (3) Sejarah Masjid Kuno Gunung Pujut sebagai sumber belajar sejarah melalui masuknya Islam di pulau Lombok, yang terdapat pada pelajaran kelas XI Semestar I. Sejarah berdirinya masjid, struktur bentuk bangunan masjid.

Kata Kunci : Sejarah Masjid, Wali, Islam, Sumber Belajar dan Sejarah Lokal

Downloads

Published

2013-12-12

How to Cite

ALMAIDATA, I. (2013). IDENTIFIKASI MASJID KUNO GUNUNG PUJUT DI DESA SENGKOL, PUJUT, LOMBOK TENGAH, NUSA TENGGARA BARAT, SEBAGAI BAHAN PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR SEJARAH LOKAL. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 1(3). https://doi.org/10.23887/jjps.v1i3.1021

Issue

Section

Articles