Pemanfaatan Film Dokumenter Dan Foto-Foto Kesejarahan Sebagai Media Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Di Kelas X Tata Busana SMK Negeri 2 Singaraja.

Authors

  • Kadek Ermanda Kurniawan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjps.v2i1.1022

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah apakah pemanfaatan film dokumenter peristiwa sejarah dan foto-foto tokoh pelaku sejarah sebagai media pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas, hasil belajar dan respon siswa pada mata pelajaran IPS materi sejarah di kelas X Tata Busana.Dalam penelitian tindakan kelas ini yang menjadi subjek adalah siswa kelas X Tata Busana semester 2 di SMK Negeri 2 Singaraja dengan jumlah 38 siswa perempuan. Sedangkan objek penelitian adalah aktivitas, hasil belajar siswa dan respon siswa.Metode pengumpulan data adalah metode penelitian tindakan kelas, wawancara dan observasi yang dilakukan pada pelaksanaan PPL-Real di SMK Negeri 2 Singaraja pada semester 1.Permasahalan yang didapat berasal dari kurangnya motivasi siswa dan kurangnya guru IPS dalam penggunaan modul dan media pembelajaran IPS pada materi sejarah.Dari hasil penelitian tindakan kelas dan analisis dapat diperoleh hasil sebagai berikut dengan pelaksanaan penelitian sebanyak 3 siklus: (1) aktivitas belajar siswa mendapatkan skor rata-rata 48% pada siklus 1, 63,75% pada siklus 2 dan 73,75% pada siklus 3. (2) Hasil belajar siswa mendapatkan skor rata-rata 63,26%, ketuntasan belajar 57,89% dan hasil belajar kelompok mendapatkan skor rata-rata 64,8% pada siklus 1, pada siklus 2 hasil belajar siswa mengalami penurunan yaitu dengan nilai skor rata-rata 61,84%, ketuntasan belajar 44,73% dan nilai hasil belajar kelompok 61,8% dan pada siklus 3 hasil belajar siswa megalami peningkatan yaitu dengan nilai skor rata-rata 80,40%, ketuntasan belajar 73,68% dan nilai hasil belajar kelompok 80,6%. Hasil belajar lainnya juga di peroleh dari ulangan harian yang dilaksanakan sebanyak dua kali, yaitu pada ulangan harian 1 siswa mendapatkan nilai skor rata-rata 82,74% dan ketuntasan belajar 78,95% sedangkan pada ulangan harian 2 siswa mendapatkam skor rata-rata 81,16% dan ketuntasan belajar 84,21%. (3) Hasil respon siswa dilakukan dengan perbandingan antar siklus, yaitu pada siklus 1 dan siklus 2 respon siswa mengalami peningkatan 10,97% dan pada siklus 2 dan siklus 3 mengalami peningkatan 10%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS khususnya Standar Kompetensi sejarah di kelas X Tata Busana SMK Negeri 2 Singaraja.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif STAD, Aktifitas, Hasil Belajar dan Respon Siswa

Downloads

Published

2014-04-12

How to Cite

Ermanda Kurniawan, K. (2014). Pemanfaatan Film Dokumenter Dan Foto-Foto Kesejarahan Sebagai Media Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Di Kelas X Tata Busana SMK Negeri 2 Singaraja. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjps.v2i1.1022

Issue

Section

Articles