“SEJARAH DAN SISTEM PENDIDIKAN DI UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) BULELENG, BALI”

Authors

  • Ketut Pasek Agung Wihikan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjps.v2i1.1023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui latar belakang didirikanya UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Buleleng, Bali, (2) mengetahui sistem pendidikan di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Buleleng, Bali, (3) mengetahui dinamika dari UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Buleleng, Bali. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan dengan menggunakan metode penelitian sejarah dengan tahap-tahap ; (1) heuristik (observasi, wawancara, studi dokumentasi), (2) kritik sumber, (3) interpretasi (analisi data), (4) historiografi (penulisan sejarah). Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) ada tiga faktor yang melatar belakangi pembangunan UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Buleleng, dilihat dari faktor politik, faktor sosial, dan faktor ekonomi, (2) sistem pendidikan di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Buleleng terdiri dari (1) unsur masukan (raw input), (2) input instrumen, (3) input lingkungan (environmental input), (4) output, (3) dinamika di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Buleleng dilihat dari input, dari tahun 2009 sampai sekarang mengalami penurunan, dan dinamika output di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Buleleng terus stabil.

Downloads

Published

2014-04-12

How to Cite

Pasek Agung Wihikan, K. (2014). “SEJARAH DAN SISTEM PENDIDIKAN DI UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) BULELENG, BALI”. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjps.v2i1.1023

Issue

Section

Articles