CANDI BUDHA KALIBUBUK DI DESA KALIBUKBUK, BULELENG-BALI (SEJARAH PENEMUAN, BENTUK , UKURAN, PROSES PEMUGARAN DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS TERPADU SERTA PENGGUNAANYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL)

Putu Penti Sarjana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui proses penemuan, bentuk dan proses pemugaran Situs Budha Kalibubuk (2) Untuk mengetahui strategi belajar dalam pemanfaatan Candi Budha Kalibukbuk sebagai sumber Pembelajaran di SMP Negeri 3 Banjar. (3) Untuk mengetahui aspek-aspek yang berguna dari Candi Budha Kalibukbuk sebagai sumber pembelajaran IPS Terpadu dan kontribusinya dalam perkembangan sejarah Lokal di Bali Utara. Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan pengkajian ke situs Candi Budha Kalibukbuk dan mencari solusi dalam pemecahan yang dihadapi oleh pembelajaran IPS terpadu terkait kurangnya minat siswa disekolah dalam mempelajarinya dengan mengembangkan sumber pembelajaran diluar kelas dengan Candi Budha Kalibukbuk sebagai sasaranya. Dalam pengembangan pembelajaran ini peneliti menggunakan kelas VII-1 pada SMP Negeri 3 Banjar. Selain itu peneliti mencoba mengkaji potensi yang dimiliki oleh Candi Budha Kalibukbuk.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif. Adapun langkah-langkahnya yaitu penentuan tempat penelitian, metode penentuan informan, metode pengumpulan data yang terdiri dari teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi, teknik validitas data, dan metode Analisis data. Penentuan tempat dan informan dipergunakan sebagai acuan obyek penelitian dan sumber informasi yang mendukung penelitian. Data-data di dapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian divaliditas dan dianalisis dengan langkah-langkah kualitatif.

Hasil penelitian ini ialah (1) Candi Budha Kalibukbuk ditemukan pada tahun 1994, candi ini berbentuk stupa yang terdiri dari 2 Candi Perwara dan 1 Candi Induk. Ukuran Candi Induk dengan tinggi 12 meter dan lebar 7 meter dan Candi Perwara berukuran tinggi 5 meter dan lebar 2,7 meter; (2) Strategi yang bisa dipergunakan dalam pemanfaatan Candi Budha Kalibukbuk sebagai sumber pembelajaran diantaranya model kontekstual, pembelajaran diluar kelas, metode karyawisata, inquiri dan diskusi kelompok dan hasilnya metode ini mampu meningkatkan kreatifitas dan pemahaman siswa; (3) Aspek-aspek dari Candi Budha Kalibukbuk yang dapat dikembangkan dari sumber pembelajaran diantaranya aspek bentuk, aspek pewarisan nilai toleransi dan candi ini memiliki nilai yang strategis bagi perkembangan sejarah bagi Bali pada umunya dan Bali utara pada khususnya.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjps.v1i2.1025

Article Metrics

Abstract view : 260 times
PDF file view : 561 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah indexed by:

Crossref




Creative Commons License

Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.