“PURA ULUWATU DI DESA PECATU, KECAMATAN KUTA SELATAN, BADUNG, BALI” (Studi Tentang Perkembangan Pura Sebagai Destinasi Pariwisata serta Kontribusinya Bagi Pendidikan Sejarah)

Authors

  • Ni Luh Putu Candra Yastari

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjps.v1i2.1030

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) sejarah berdirinya Pura Uluwatu di Desa Pecatu; (2) perkembangan Pura Uluwatu, sebagai destinasi pariwisata di Bali; dan (3) kontribusi Pura Uluwatu bagi pendidikan sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu: (1) rancangan penelitian; (2) teknik penentuan lokasi penelitian; (3) teknik penentuan informan; (3) teknik pengumpulan data (observasi, wawancara, studi dokumen); (4) validitas data (triangulasi data atau triangulasi sumber data dan triangulasi metode); dan (5) teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, ada dua sumber mengenai Pura Uluwatu yaitu sumber tertulis dan sumber lisan. Perkembangan Pura Uluwatu sebagai objek wisata di Bali, Kontribusi keberadaan Pura Uluwatu bagi pendidikan sejarah antara lain : (a) Pura Uluwatu menyimpan amanat yang terkandung dalam kisah sejarah yaitu tentang keberadaan Pura Uluwatu itu sendiri, (b) Menumbuhkan kecintaan siswa atau peserta didik terhadap peninggalan sejarah / budaya yang menjadi warisan leluhur Bali, (c) Menumbuhkan kesadaran kesejarahan dan wawasan budaya pada diri siswa untuk ikut serta dalam menjaga dan melestarikan peninggalan purbakala / sejarah yang ada disekitar kita, (d) Kunjungan ke Pura Uluwatu dapat membantu untuk mendapatkan pemahaman yang lebih gamblang tentang materi-materi pembelajaran di sekolah yang berkaitan materi sejarah lokal.

Kata Kunci: sejarah, perkembangan sebagai destinasi pariwisata, kontribusi

Downloads

Published

2013-08-12

How to Cite

Candra Yastari, N. L. P. (2013). “PURA ULUWATU DI DESA PECATU, KECAMATAN KUTA SELATAN, BADUNG, BALI” (Studi Tentang Perkembangan Pura Sebagai Destinasi Pariwisata serta Kontribusinya Bagi Pendidikan Sejarah). Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 1(2). https://doi.org/10.23887/jjps.v1i2.1030

Issue

Section

Articles