Identifikasi Peninggalan Tantrayana di Pura Kebo Edan di Desa Pejeng, Gianyar, Bali dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sejarah di SMA

I Komang Krisna Yoga

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Sejarah Pura Kebo Edan (2) Peninggalan dari Pura Kebo Edan (3) Potensi Pura Kebo Edan sebagai sumber belajar sejarah di SMA. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan langkah-langkah:(1) penentuan lokasi penelitain (2) penentuan informan (3) Pengumpulan data (4) tahap validasi data menggunakan teknik triangulasi data. Temuan dari penelitian ini adalah: (1) Sejarah Pura Kebo Edan tidak bisa dilepaskan dari raja Kertanegara yang menganut aliran Tantrayana dari kerajaan Singosari yang pada saat itu berhasil menaklukkan Bali, kemudian mengutus seorang Patih yang beranama Kebo Parud ke Bali sebagai perwakilan dari kerajaan Singosari. Nama Pura Kebo Edan diambil dari nama sepasang arca utama yang berbentuk kerbau yang terdapat di pura tersebut.. (2) Peninggalan-peninggalan dari Pura Kebo Edan yang memiliki corak aliran Tantrayana yaitu Arca Siwa Bhairawa, Arca Raksasa, sepasang Arca Kerbau, Arca Bhairawa, Arca Ganesha, Arca Perwujudan, Fragmen Lapik, dan Fragmen Bangunan. (3) Potensi yang dimiliki Pura Kebo Edan sebagai sumber belajar sejarah di SMA yaitu: (1) Aspek Historis (2) Aspek Peninggalan (3) Aspek Aktivitas Budaya.

Full Text:

PDF

References


Basyir, Ahmad Arbanik. 2008. Perkembangan Tantrayana di Indonesia. Yogyakarta: Universitas Islam Sunan Kalijaga (tidak diterbitkan)

Dinas Kebudayaan Provinsi BALI. 2015. Inventarisasi Cagar Budaya di Provinsi Bali. Denpasar. ( tidak diterbitkan)

Sumartana, 2005. Pluralisme, Konflik dan Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surasmi, I Gusti Ayu. 2007. Jejak Tantrayana di Bali. Denpasar: CV. Bali Media Adhikarsa.

Wiana, Ketut. 2009. Pura Besakih Hulunya Pulau Bali. Surabaya: Paramita Surabaya.

Sumber internet :

Ivan.2012. Pura Kebo Edan. https://paksejarah.blogspot.com/2011/08/pura-kebo-edan.html (diakses pada tanggal 18 November 2019)




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjps.v8i3.29096

Article Metrics

Abstract view : 31 times
PDF file view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah indexed by:

Crossref




Creative Commons License

Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.