PEKERJAAN DI SEKTOR INFORMAL : INDUSTRI RUMAH TANGGA PEMBUATAN DODOL DI DESA PENGLATAN, BULELENG, BALI DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS DI SMP BERDASARKAN KAJIAN TEKS KURIKULUM 2013

Authors

  • nurul hudaa universitas pendidikan ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjps.v8i3.29432

Keywords:

Industri Rumah Tangga Pembuatan Dodol, Sistem Produksi, Sumber Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hal berikut (1) Latar belakang munculnya sektof informal industri rumah tangga dodol Penglatan (2) Sistem produksi dodol Penglatan yang didalamnya melibatkan faktor-faktor produksi (3) Aspek-aspek pada sektor informal pembuatan dodol Penglatan yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS di SMP. Dalam penelitian ini,  dapat dikumpulkan dengan menggunakan metode penelitian sebagai berikut; (1) Tahap pengumpulan data, (2) Triangulasi (Verivikasi), (3) dan Interpretasi (Analisis Data). Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Latar belakang munculnya industri rumah tangga pembuatan dodol ini karena krisis ekonomi yang terjadi tahun 1998 (2) Dodol penglatan dalam sistem produksinya dibuat menggunakan bahan-bahan alami dan menggunakan pekerja lokal, kemudian didistribusikan oleh orang Penglatan keluar Daerah atau bisa juga orang luar Daerah mengambil ke desa Penglatan. (3) Industri rumah tangga pembuatan dodol Penglatan dapat dijadikan sebagai salah satu sumber belajar IPS di SMPN 5 SINGARAJA sesuai dengan kurikulum 2013 yang dapat dilihat dari berbagai aspek spiritiul, aspek sosial, dan aspek budaya.

References

Atmadja, Nengah Bawa dan Luh Putu Sri Ariyani. 2018. “Filsafat Sejarah Perspektif Agama Hindu dan Pemikiran Lainnya”. Denpasar, Bali: Pustaka Larasan.

Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Kejuruan. Tentang Perancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Damsar dan Indrayani. 2016. “Pengantar Sosiologi Ekonomi”. Jakarta: Kencana.

Fajar, Arnie. 2004. “Portofolio Dalam Pembelajaran IPS”. Bandung: REMAJA ROSDAKARYA

Hasibuan, Melayu. 2000. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Edisi Revis. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kimbal, R.W. 2015. “Modal Sosial Dan Ekonomi Industri Kecil Sebuah Studi Kualitatif”. Penerbit : Depublish, Yogyakarta.

Kuntowijoyo. 2005. “Pengantar Ilmu Sejarah”. Yogyakarta: Benteng Pustaka

Lexy. J. Moleong. 1990. “Metode Penelitian Kualitatif”. Jakarta: Obor Nasional.

Mulyadi. 2008. “Sistem Akuntansi”. Jakarta: Salemba Empat.

Rohani, Ahmad. 1997. “Media Intruksional Edukatif”. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2006. “Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan”. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sukirno, Sadono. 2002. “Teori Mikro Ekonomi”. Jakarta: Rajawali Press

Sutopo, H.B. 2006. “Metodologi Penelitian Kualitatif (Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian) Edisi 2. Universitas Sebelas Maret: Surakarta.

Downloads

Published

2021-01-07

How to Cite

hudaa, nurul. (2021). PEKERJAAN DI SEKTOR INFORMAL : INDUSTRI RUMAH TANGGA PEMBUATAN DODOL DI DESA PENGLATAN, BULELENG, BALI DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS DI SMP BERDASARKAN KAJIAN TEKS KURIKULUM 2013. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(3), 38–44. https://doi.org/10.23887/jjps.v8i3.29432

Issue

Section

Articles