PERJUANGAN DAN KETOKOHAN KAPTEN MUDITA DI KABUPATEN BANGLI DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA

Authors

  • I Ketut Arya Sentana Mahartha Universitas Pendidikan Ganesha
  • Tuty Maryati
  • Desak Made Oka Purnawati universitas pendidikan ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjps.v9i2.31503

Keywords:

Perjuangan, nilai karakter, sumber belajar sejarah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Sejarah perjuangan Kapten Mudita di Kabupaten Bangli, Bali. (2) Nilai-nilai karakter dari Kapten Mudita. (3) Potensi dari ketokohan Kapten Mudita untuk dijadikan sumber belajar sejarah di SMA. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian sejarah dengan pendekatan deskriptif kualitatif meliputi: (1) Lokasi penelitian terletak di Puri Agung Bangli, Desa Kawan, Bangli, Bali. (2) Teknik penentuan informan dengan menentukan informan kunci, dari informan kunci kemudian peneliti mengembangkan lagi mencari informan bantuan. (3) Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu: teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik studi dokumen. (4) Teknik penjaminan keaslian data dengan menggunakan dua teknik yaitu: teknik triangulasi sumber dan triangulasi tekni. (5) Teknik analisis data yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi. Hasil penelitian ini adalah  latar blakang Kapten Mudita dari kanak-kanak hingga dewasa, masa perjuangan Kapten Mudita dalam pemertahanan kemerdekaan RI di Kabupaten Bangli, nilai-nilai karakter yang dapat dikembangkan menjadi sumber belajar sejarah di SMA.

Author Biography

I Ketut Arya Sentana Mahartha, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Sejarah

References

Mahardika, Satria. 2017. Merdeka Seratus Persen. Yogyakarta: Quark Books.

Pindha, I Gusti Ngurah. 2013. Perang Bali. Jakarta: Doplin.

Rahman, Abd. 2016. PENDIDIKAN SEJARAH DAN KARAKTER BANGSA BELAJAR KETELADANAN HIDUP DARI KETOKOHAN NATSIR DAN BUYA HAMKA. Dalam jurnal Sosiohumaniora, Volume 15 No. 3 November 2013: 337 – 347.

Syaharuddin, dkk. 2019. NILAI-NILAI NASIONALISME PERJUANGAN HASSAN BASRY SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH. Dalam jurnal HISTORIA: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, Vol. II, No. 2 (April 2019).

Windia, Wayan. Sudarta, Wayan. Suarsa, I Made. 2017. I Gusti Ngurah Rai Pahlawan Nasional Sisi-sisi Humanis dalam Perang Kemerdekan Indonesia di Bali. Denpasar: Udayana University Press

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Sentana Mahartha, I. K. A., Maryati, T., & Purnawati, D. M. O. (2021). PERJUANGAN DAN KETOKOHAN KAPTEN MUDITA DI KABUPATEN BANGLI DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(2), 82–91. https://doi.org/10.23887/jjps.v9i2.31503

Issue

Section

Articles