PELABUHAN PENYEBRANGAN GILIMANUK DI DESA GILIMANUK KECAMATAN MELAYA KABUPATEN JEMBRANA (LINTASAN SEJARAH, DAMPAK SOSIAL EKONOMI DAN EKOLOGI, SERTA POTENSINYA SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL DI SMA)

Authors

  • Duwi Maulida Agistin Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nengah Bawa Atmadja Universitas Pendidikan Ganesha
  • Tuty Maryati universitas pendidikan ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjps.v9i2.33089

Keywords:

Sejarah, Dampak, Sumber Belajar Sejarah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Lintasan sejarah berdirinya pelabuhan penyebrangan Gilimanuk di Desa Gilimanuk, Jembrana, Bali (2) Dampak sosial, ekonomi, dan ekologi bagi masyarakat (3) Aspek-aspek dari keberadaan pelabuhan Gilimanuk yang memiliki potensi sebagai sumber belajar sejarah lokal di SMA. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode  penelitian sejarah dengan pendekatan deskriptif kualitatif meliputi: (1) Lokasi penelitian terletak di pelabuhan penyebrangan Gilimanuk, Desa Gilimanuk, Jembrana, Bali. (2) Teknik penentuan informan menggunakan informan kunci, dikembangkan lagi mencari informan bantuan. (3) Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu: observasi, wawancara,studi dokumen (4) Teknik penjaminan keaslian data dengan menggunakan dua teknik yaitu: triangulasi sumber dan triangulasi metode. (5) Teknik analisis data yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi. Hasil penelitian ini lintasan sejarah pelabuhan penyebrangan Gilimanuk serta dampak sosial, ekonomi dan ekologi bagi masyarakat serta aspek-aspek dari keberadaan pelabuhan Gilimanuk yang memiliki potensi sebagai sumber belajar sejarah lokal di SMA.

 

Author Biography

Duwi Maulida Agistin, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Sejarah

References

Ali Bagenda . Awal Mula Muslim di Bali, Kampung Loloan di Jembrana sebuah Entitas Kuno. Loloan Jembrana. Grup penerbit CV Budi Utama)

Atmadja, Nengah Bawa dan Luh Putu Sri Ariyani. 2018. “Filsafat Sejarah Perspektif Agama Hindu dan Pemikiran Lainnya”. Denpasar, Bali: Pustaka Larasan.

Sabara, Eka. 2020. Sejarah Panjang Pelabuhan di Jembrana, 1669- Sekarang. Jembrana: Catatan Budayawan Loloan.

Salim, Abbas, H. A. Drs. 1997. Manajemen transportasi. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Utina Ramli, Wahyuni Dewi K. Baderan.2009. Ekologi dan Lingkungan Hidup. Gorontalo: ISBN

Published

2021-08-31

How to Cite

Agistin, D. M., Atmadja, N. B., & Maryati, T. (2021). PELABUHAN PENYEBRANGAN GILIMANUK DI DESA GILIMANUK KECAMATAN MELAYA KABUPATEN JEMBRANA (LINTASAN SEJARAH, DAMPAK SOSIAL EKONOMI DAN EKOLOGI, SERTA POTENSINYA SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL DI SMA). Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(2), 119–128. https://doi.org/10.23887/jjps.v9i2.33089

Issue

Section

Articles