TUGU PAHLAWAN SYUNG WENARA DI DESA SUKAWATI GIANYAR- BALI ( BENTUK DAN FUNGSINYA SEBAGAI MEDIA PEWARISAN NILAI MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS BERBASIS KURIKULUM 2013)

Authors

  • Gusti Ayu Padmawati .
  • Dra. Desak Made Oka Purnawati,M.Hum .
  • Ketut Sedana Arta, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjps.v5i3.3611

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peristiwa yang menjadi latar belakang didirikannya Tugu Pahlawan Syung Wenara di Desa Sukawati Gianyar, (2) mengetahui bentuk dan nilai-nilai yang terkandung di balik Tugu Pahlawan Syung Wenara di Desa Sukawati Gianyar, dan (3) mengetahui implementasi nilai-nilai tersebut dalam pembelajaran sejarah berbasis kurikulum 2013 . Dalam penelitian ini, data dikumpulkan dengan menggunakan metode kualitatif dengan tahap-tahap ; (1) teknik rancangan penelitian, (2) teknik penentuan lokasi penelitian, (3) teknik penentuan informan, (4) teknik pengumpulan data (observasi, wawancara, kajian pustaka/dokumen), (5) teknik validitas data (triangulasi data, triangulasi metode), (6) teknik analisis data, (7) teknik penulisan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa, peristiwa yang melatar belakangi didirikannya Tugu Pahlawan Syung Wenara adalah sebagai peringatan gugurnya pemuda-pemuda pejuang pada masa revolusi fisik dimana pada tanggal 12 April 1946 telah terjadi penembakan terhadap I Wayan Dipta Komandan organisasi PRI (Pemuda Republik Indonesia) dan I Ketut Lanus yang pada saat itu berpangkat sebagai Sersan Mayor dengan tugas sebagai penghubung istimewa staff. Bentuk dari Tugu Pahlawan Syung Wenara adalah : bagian dasar dari banguan tugu berbentuk persegi lima yang memiliki makna dasar negara kita yaitu pancasila. Bagian tengah bangunan tugu bertuliskan nama tugu yaitu Syung Wenara dan di ujung/atas bangunan tugu beriskan patung monyet bersama dengan burung elang. Nilai-nilai yang terkandung dibalik Tugu Pahlawan Syung Wenara adalah : (1) nilai pendidikan, (2) nilai kepahlawanan, (3) nilai patriotisme, (4) nilai kesetiaan dan (5) nilai religius. Nilai- nilai yang terkandung di balik Tugu Pahlawan Syung Wenara diwariskan melalui pranata sekolah dengan cara menyisipkan nilai-nilai tersebut dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Kata Kunci: Tugu Pahlawan, Media ,pewarisan nilai sejarah.

ABSTRACT The research was basically designed (1) to find out the historical events that were considered as the background of the Syung Wenara Heroic monument building in Sukawati village, Gianyar Regency, (2) to know the forms and the values reflected inside the Syung Wenara Heroic Monument in Sukawati Village, Gianyar Regency, (3) to find out the implementation of the values in teaching and learning history based on curriculum of 2013.In this research,the data was collected through qualitatif method in which it consisted of some interconnected steps, namely : (1) research design, (2) research location determining, (3) informant determining, (4) data collection (observation, interview,literature review / documentation), (5) data validation (triangulation of data, triangulation of method), (6) data analysis, and (7) interpretation of research finding. Furthermore the result of this research showed that the Syung Wenara Horoic Monument was established as the celebration of the death of the young combatants in the physical revolution in which on April 12 th, 1946 I Wayan Dipta as a comandant of Indonesian youth organization and I Ketut Lanus as a major sargeant who worked as a special staff connactor had been lifted off at the time. The forms of Syung Wenara Heroic Monument are divided in to there parts, namely : the bottom part, the middle part and the top part. On the bottom part, it had a pentagen shape which was considered as the Indonesian basic state and symbol named Pancasila. In the middle of building, it stated the name of the heroic monument called Syung Wenara. At last, there were monkey statue together with eagle statue. Moreover, the value obtained from Syung Wenara Heroic Monument could be showed as follows : (1) education value, (2) heroism value, (3) patriotism value, (4) loyalty value, (5) religion value. As result those values showed in this research must be applied by the school institutions in teaching and learning process.
keyword : Keywords : Heroic Monument, Media, Historical Value Hiretage

Downloads

Published

2017-12-12

How to Cite

., G. A. P., ., D. D. M. O. P., & ., K. S. A. S. (2017). TUGU PAHLAWAN SYUNG WENARA DI DESA SUKAWATI GIANYAR- BALI ( BENTUK DAN FUNGSINYA SEBAGAI MEDIA PEWARISAN NILAI MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS BERBASIS KURIKULUM 2013) . Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(3). https://doi.org/10.23887/jjps.v5i3.3611

Issue

Section

Articles