Taman Bahagia Curastana di Kota Singaraja, Buleleng, Bali (Kriteria Pemakaman dan Nilai-Nilai Kepahlawanan) dalam Pembelajaran Sejarah Tingkat SMA Berdasarkan Kurikulum 2013

Authors

  • Ni Komang Rusna Dewi .
  • Prof. Dr. Nengah Bawa Atmadja,MA .
  • Dra. Luh Putu Sendratari,M.Hum .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjps.v2i2.3816

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui latar belakang sejarah berdirinya Taman Bahagia Curastana (2) mengetahui kriteria orang-orang yang dimakamkan di Taman Bahagia Curastana dan (3) mengetahui nilai-nilai kepahlawanan dari Taman Bahagia Curastana yang dapat ditanamkan pada peserta didik di SMA melalui RPP sejarah berdasarkan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu: (1) penentuan lokasi penelitian; (2) teknik penentuan informan; (3) teknik pengumpulan data (wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan teknik penjaminan keabsahan data); (4) teknik analisis data dan (5) metode penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Taman Bahagia Curastana adalah sebuah makam pahlawan yang dipergunakan untuk pemakaman para pejuang pada masa revolusi fisik di Buleleng atau masa sekarang yang mempunyai jasa bagi Negara Republik Indonesia. Nilai-nilai kepahlawanan yang terkandung pada Taman Bahagia Curastana antara lain: (1) patriotisme; (2) nilai nasionalisme; (3) nilai persatuan; dan (4) nilai religius. Nilai kepahlawanan Taman Bahagia Curastana dapat dijabarkan pada materi sejarah (1) Kompetisi Dasar Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Jepang, Sekutu, dan Belanda; (2) Kompetisi Dasar Memahami nilai-nalai kepahlawanan yang terkandung dalam setiap perjuangan dari pahlawan yang mempertahankan kemerdekaan pada masa revolusi fisik di 1945-1950.
Kata Kunci : Makam Pahlawan, Nilai Kepahlawanan, RPP Sejarah.

This study is aimed to: (1) know the background history of Bahagia Curastana Garden building (2) know the criteria of people who were graved in BahagiaCurastanadan garden (3) know the hero values of Taman Bahagia Curastana garden which can be taught for the students in SMA by using history lesson plan based on the curricullum 2013. This study used qualitative approch, they were: (1) determine of area of the study; (2) technique of determining the informan; (3) The data were collected through interview, observation, documentation, and objectivity of guaranty the data; (4) technique of analyzing the data and (5) the method of the data’s presentation. The results of this study showed that Bahagia Curastana garden is a hero grave used to grave heros in era of physic revolution in Buleleng. Or nowdays, it has servi for Indonesian country. The hero values of Bahagia Curastana Garden are: (1) patriotic; (2)nationalism ; (3)unity ; and (4) religious. The hero values of Bahagia Curastana Garden can be used for materials in teaching History as follows. (1) Standard competency of analyzing the patriotism of Indonesia in defending the independency from japan, NICA and Netherland; (2) ) Standard competency in understanding the Hero values in every patriotic of heros who were defended the independency in era of physic revolution in year of 1945-1950.
keyword : Hero Grave, Hero Values, Lesson Plan of History.

Published

2014-08-12

How to Cite

., N. K. R. D., ., P. D. N. B. A., & ., D. L. P. S. (2014). Taman Bahagia Curastana di Kota Singaraja, Buleleng, Bali (Kriteria Pemakaman dan Nilai-Nilai Kepahlawanan) dalam Pembelajaran Sejarah Tingkat SMA Berdasarkan Kurikulum 2013. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 2(2). https://doi.org/10.23887/jjps.v2i2.3816

Issue

Section

Articles