Identifikasi Arca Megalitik di Pura Ulun Suwi Desa Pakraman Selulung, Kintamani, Bangli (Kajian tentang Sejarah dan Potensinya Sebagai Sumber Pembelajaran IPS pada Sekolah Menengah Pertama berdasarkan Kurikulum 2013).

Authors

  • I Wayan Gunawan .
  • Prof. Dr. Nengah Bawa Atmadja,MA .
  • Drs. I Ketut Margi, M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjps.v2i2.3822

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui sejarah keberadaan arca megalitik di Pura Ulun Suwi Desa Pakraman Selulung, Kintamani, Bangli. (2) Mengetahui karakteristik arca megalitik di Pura Ulun Suwi Desa Pakraman Selulung, Kintamani, Bangli. (3) Mengetahui aspek yang terdapat di arca megalitik yang bisa dikembangkan menjadi sumber pembelajaran IPS berdasarkan kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah yaitu: (1) Penentuan Lokasi Penelitian, (2) Teknik Penentuan Informan, (3) Teknik Pengumpulan Data (Observasi, Wawancara, Studi Dokumen) , (4) Teknik Validitas Data, (5) Teknik Pengolahan Data, (6) Penulisan Hasil Penelitian. Penelitian ini menghasilkan temuan, antara lain: (1) Sejarah keberadaan Arca Megalitik di Pura Ulun Suwi Desa Pakraman Selulung kemungkinan ditemukan pada masa transisi antara masa prasejarah dengan masa Hindu, tepatnya sebelum ajaran Hindu masuk ke Desa Pakraman Selulung. Keberadaan Arca ini tidak bisa dilepaskan dari kepercayaan masyarakat terhadap roh nenek moyang. (2) Arca Megalitik di Pura Ulun Suwi Desa Pakraman Selulung memiliki karakteristik antara lain, bentuk muka bulat dan haus, hidung mancung, telinga panjang, mata setengah terpejam bibir tebal (3). Aspek yang terdapat pada Arca Megalitik yang bisa dikembangkan menjadi sumber pembelajaran IPS antara lain, aspek bentuk fisik arca, aspek historis, aspek keyakinan atau kepercayaan, aspek sosial, aspek ekonomi, aspek geografis.
Kata Kunci : Arca Megalitik, Sumber Pembelajaran IPS, Kurikulum 2013

ABSTRACT This research aimed at finding out: (1) Knowing the history of megalithic statues at Ulun Suwi Temple in Pakraman Village of Selulung, Kintamani, Bangli. (2) Knowing the characteristics of megalithic statues at Ulun Suwi Temple in Pakraman Village of Selulung, Kintamani, Bangli. (3) Knowing the aspects contained in megalithic statues that could be developed into a source of learning social studies by curriculum 2013. Methods used in this research is descriptive qualitative research approach with steps, namely: (1) Determination of Location Research, (2) Determination Technique informant, (3) Data Collection Techniques (observations, interviews, document studies), (4) Engineering Data Validity, (5) Data Processing Techniques, (6) Writing Research. This research resulted in findings, among others: (1) The history of the megalithic statues at Ulun Suwi Temple in Pakraman Village of Selulung likely to be found in the transition between prehistory to the Hindu, Hinduism precisely before entering into Pakraman Village of Selulung. The existence of this statue cannot be separated from the believe of the society to their ancestor. (2) Megalithic statue at Ulun Suwi Temple in Pakraman Village of Selulung has characteristics, among others, forms a round face and thirst, sharp nose, ear length, eyes half-closed, thick Lips. (3) Aspects found in megalithic statues that could be developed into a source of learning social studies, among others, the aspect of physical form statues, the historical aspect, aspects of belief or confidence, social aspect, economy aspect and geografys asfect.
keyword : Megalithic Statue, IPS Learning Resources, Curriculum 2013

Published

2014-08-12

How to Cite

., I. W. G., ., P. D. N. B. A., & ., D. I. K. M. M. (2014). Identifikasi Arca Megalitik di Pura Ulun Suwi Desa Pakraman Selulung, Kintamani, Bangli (Kajian tentang Sejarah dan Potensinya Sebagai Sumber Pembelajaran IPS pada Sekolah Menengah Pertama berdasarkan Kurikulum 2013). Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 2(2). https://doi.org/10.23887/jjps.v2i2.3822

Issue

Section

Articles