IDENTIFIKASI POTENSI PRANGKO SERI KESEJARAHAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA

Authors

  • G.B. Surya Utama .
  • Dra. Luh Putu Sendratari,M.Hum .
  • Dra. Tuty Maryati,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjps.v2i2.3824

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Jenis-jenis prangko seri kesejarahan yang memiliki potensi sebagai sumber belajar sejarah di SMA, (2) Peristiwa yang terkandung di dalam prangko seri kesejarahan yang memiliki potensi sebagai sumber belajar sejarah di SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitan deskriptif kualitatif. Tahap-tahap yang dilakukan dalam penelitian deskriptif kualitatif ialah menggunakan pendekatan sosial yaitu: (1) Penentuan Rancangan Penelitian, (2) Penentuan Lokasi Penelitian, (3) Penentuan Informan, (4) Pengumpulan Data (observasi, wawancara, studi dokumen) dan (5) Validitas Data yang terdiri dari triangulasi data dan triangulasi metode, (6) Analisis data. Hasil penelitian ini adalah (1) Jenis-jenis prangko seri kesejarahan yang memiliki potensi sebagai sumber belajar sejarah di SMA pada dasarnya adalah semua prangko yang diterbitkan oleh suatu negara untuk memperingati suatu peristiwa kenegaraan. Prangko-prangko yang bertemakan seri kesejarahan yang terkait dengan Kurikulum, Silabus diantaranya adalah prangko seri 100 tahun paleontologi di Indonesia, seri candi, seri revolusi, seri pahlawan nasional, seri Soekarno, seri Suharto, seri B.J. Habibie sampai dengan prangko seri reformasi serta seri kesejarahan lain yang memiliki potensi Sebagai sumber belajar sejarah di SMA. (2) Prangko yang bertemakan sejarah dalam setiap seri penerbitannya memiliki gambar yang menceritakan Peristiwa, tokoh, ruang dan waktu. Adapun beberapa contoh peristiwa yang terkandung dalam prangko yang bisa dijadikan sumber belajar sejarah sebagai berikut. Pertama, prangko yang bergambarkan atau bertema revolusi Pertempuran Surabaya yang terbit pada tanggal tahun 1964 yang menggambarkan peristiwa perjalanan Bangsa Indonesia dalam melawan kolonialisme. Kedua, prangko yang bergambarkan pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang terbit pada 17 Agustus 1955 yang menggambarkan peristiwa-peristiwa penting atau detik-detik menjelang proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Ketiga, prangko yang menggambarkan reformasi 1998 yang terbit pada tanggal 28 Oktober 1998 tentang peristiwa lengsernya Presiden Soeharto yang telah berkuasa selama 32 tahun.
Kata Kunci : Prangko Sejarah, Sumber Belajar

This study aimed to determine (1) The types of historical stamp series that has potential as a source of learning history in senior high school, (2) the events contained in the historical series of stamps that have potential as a source of learning history in senior high school. This research is a qualitative descriptive study. Steps being taken in a qualitative descriptive study using a social approach, namely: (1) Determination of Design Research, (2) Determination of Location Research, (3) Determination of informants, (4) collection of data (observations, interviews, document studies) and (5) The validity of the data comprising the data triangulation and triangulation methods, (6) data analysis. The results of this study were (1) The types of historical stamp series that has potential as a source of learning history in high school is basically all the stamps issued by a country to commemorate an event state. Stamps themed historical series relating to curriculum, syllabus stamp series is 100 years of paleontology in Indonesia, temples series, series revolution, the national hero series, series Sukarno, Suharto series, series BJ Habibie to reform stamp series as well as other historical series that has the potential as a source of learning history in high school (2) history-themed stamps in each series has a picture that tells publishing events, figures, space and time. As some examples of events contained in stamps that can be used as a source of learning history following. First, themed stamps bearing the image of the revolution or the Battle of Surabaya which was published in December 1964 that describes the events of the trip Indonesian nation in the fight against colonialism. Secondly, a stamp bearing the image of reading the text of the proclamation of independence of the Republic of Indonesia which was published on August 17, 1955 depicting significant events or the seconds before the proclamation of Indonesian independence. Third, stamp depicting the 1998 reform, published on October 28, 1998 about the fall of President Suharto event that has been in power for 32 years.
keyword : Historical Stamps, Learning Resources

Published

2014-08-12

How to Cite

., G. S. U., ., D. L. P. S., & ., D. T. M. (2014). IDENTIFIKASI POTENSI PRANGKO SERI KESEJARAHAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 2(2). https://doi.org/10.23887/jjps.v2i2.3824

Issue

Section

Articles