IDENTIFIKASI POTENSI MONUMEN BHUWANA KERTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA

Authors

  • Gede Senjaya .
  • Drs. I Ketut Margi, M.Si .
  • Dra. Luh Putu Sendratari,M.Hum .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjps.v6i2.3967

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan tahap-tahap yang dilakukan dalam penelitian adalah 1) penentuan rancangan penelitian, 2) penentuan lokasi penelitian, 3) penentuan informan, 4) pengumpulan data, 5) validitas data, dan 6) analisis data. Penelitian ini dilakukan di Desa Panji, Kecamatan Sukasada yang bertujuan untuk mengetahui; 1) Latar belakang dibangunnya monumen Bhuwana Kerta di Desa Panji; 2) Bentuk dan struktur monumen Bhuwana Kerta di Desa Panji; dan 3) Aspek-aspek sejarah Monumen Bhuwana Kerta yang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah. Berdasarkan wawancara, observasi, studi dokumentasi di lapangan diketahui bahwa, 1) pendirian monumen dilatarbelakangi oleh perjuangan pertempuran panji; 2) bentuk monument dan struktur monumen Bhuwana Kerta terdiri dari dasar, badan, dan kepala, Monumen Bhuwana Kerta bertinggi 17 meter, merupakan visualisasi simbolik angka keramat kemerdekaan bangsa Indonesia. Puncak monumen berwujud padmasana dan api, merupakan simbol Tuhan yang memberi anugerah kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Di bawah wujud padmasana dan api terdapat wujud delapan helai daun teratai simbol asthadala, manifestasi Tuhan dalam keyakinan Hindu. Selain itu, bentuk ini merupakan simbol dari bulan kemerdekaan bangsa Indonesia. Bentuk badan monumen yang polos adalah simbol dari keluhuran, kesucian dan kejujuran perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia di Bali. Adanya bentuk dulang dengan wujud visual bercelah-celah sebanyak 45 buah di bagian bawah badan monumen, merupakan simbol dari tahun kemerdekaan bangsa Indonesia. Aspek-aspek dari monumen Bhuana Kerta yang bisa dijadikan sumber pembelajaran sejarah adalah aspek sejarahnya dan nilai-niulai yang terkandung dalam simbol-simbol monumen,seperti nilai edukatif, nilai pengetahuan,nilai artistic,nilai kepahlawanan dan nilai rekreatif
Kata Kunci : Monumen,Potensi sumber belajar sejarah

This research is qualitative, with the stages in the research done is 1) the determination of the study design, 2) determining the location of the study, 3) determination of the informants, 4) data collection, 5) the validity of the data, and 6) data analysis. This research was conducted in the village of Panji, District Sukasada which aims to find out; 1) Background Bhuwana Kerta monument built in the village of Panji; 2) The shape and structure of the monument in the village of Panji Bhuwana Kerta; and 3) the historical aspects Bhuwana Kerta monument that can be used as a source of learning history. Based on interviews, observation, field study documentation in mind that, 1) the establishment of the monument is motivated by struggles battle flag; 2) the shape and structure of the monument Bhuwana Kerta monument consists of a base, body, and head, Monument Bhuwana Kerta plays 17 yards, a sacred number symbolic visualization of Indonesian independence. Peak padmasana and fire tangible monument, a symbol of God's grace that gives independence for Indonesia. Under the form of padmasana and fire are eight strands form symbols asthadala lotus leaf, the manifestation of God in the Hindu faith. In addition, the shape of the moon is a symbol of Indonesian independence. Physique plain monument is a symbol of nobleness, purity and honesty of the struggle for independence of Indonesia in Bali. The presence of a platter with a slotted-slit visual form as many as 45 pieces at the bottom of the monument, a symbol of the independence of Indonesia. Aspects of the monument Bhuana Kerta that can be used as a source of learning history is an aspect of its history and value-niulai contained in symbols monuments, such as the educational value, the value of knowledge, artistic value, the value of heroism and recreational values
keyword : Monument, potential sources of learning history

Published

2018-08-12

How to Cite

., G. S., ., D. I. K. M. M., & ., D. L. P. S. (2018). IDENTIFIKASI POTENSI MONUMEN BHUWANA KERTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(2). https://doi.org/10.23887/jjps.v6i2.3967

Issue

Section

Articles