Sejarah, Struktur dan Fungsi Museum Kesultanan Bulungan Sebagai Sumber Belajar Sejaeah Di SMA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjps.v9i3.39813Keywords:
Sejarah, Struktur dan Fungsi, Sumber Belajar SejarahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) latar belakang berdirinya Museum Kesultanan Bulungan, (2) struktur dan fungsi Museum Kesultanan Bulungan, (3) aspek-aspek Museum Kesultanan Bulungan yang dapat dijadikan sumber belajar sejarah di SMA. Metode penelitian yang digunakan yaitu : (1) Pengumpulan data (Heuristik), (2) kritik sumber, (3) interpestasi, (4) historiografi (prinsip penulisan sejarah). Hasil penelitian ini adalah rangkaian peristiwa pada masa Kesultanan Bulungan yang termasuk dalam peristiwa Dwikora pada tahun 1963-1966. Adapun potensi Museum Kesultanan Bulungan hasil analisi kurikulum dan silabus yaitu nilai kerja keras, nilai patriotisme/cinta tanah air, nilai rasa kebangsaan, nilai rasa ingin tahu yang selanjutnya disusun kedalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) agar dapat di manfaatkan sebagai sumber belajar sejarah di SMA
References
Amin, Ali bilfaqih, H. Said. 2006. Sejarah Kesultanan Bulungan dari Masa ke Masa. Sekilas Tarakan: CV Eka Jaya Mandiri.
Anonim. (2013). Kebijakan Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman di Indonesia. Jakarta: Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman
Agung, Wahyuni. 2013.“Perencanaan Pembelajaran Sejarah”. Yogyakarta: Ombak.
Asyhar.2012.“Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran”. Jakarta: Refrensi Jakarta.
Bilfaqih, S. Ali Amin. 2006. Sekilah Sejarah Kesultanan Bulungan dari Masa ke Masa. Tarakan: Eka Jaya Mandiri
Dali, Husuf. 1995. Pesona Dan Tantangan Bulungan. Jakarta; LKBN Antara
Daliman.2015. “Metode Penelitian Sejarah”. Yogyakarta: Ombak.
Djihad.2012. “Evaluasi Pembelajaran”. Yogyakarta : Multi Pressindo.
Hasan, Hamid. 2012. Pendidikan Sejarah Indonesia : Isu dalam ide dan pembelajaran. Bandung : RIZQI PRESS.
Komalasari.2013. “Pembelajaran Kontekstual” : Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Adiatama.
Mustiqon, HM. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta. PT Prestasi Pustakaraya.
Manab Abdul, 2014. Penelitian pendidikan Pendekatan Kualitatif. Tulungagung : Kalimedia Perum Polri Gowok Blok D 3 No. 200 Depok Sleman Yogyakarta.
Pageh. 2010. “Metodologi Pendidikan Sejarah: dalam Perspektif Pendidikan. Denpasar.