Penerapan Aplikasi Google Meet Pada Pembelajaran Daring Berbantukan Media Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Singaraja

Authors

  • satria dwi mahendra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Sedana Arta Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Putra Yasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjps.v10i2.43311

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Google Meet, Quizizz, Hasil Belajar

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena terdapat masalah berupa hasil belajar dalam proses pembelajaran di kelas XI IPS 2 SMAN 4 Singaraja. Penelitian ini bertujuan; (1) Mengetahui penerapan aplikasi Google Meet dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw yang berbantukan media Quizizz, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2, (3) Mengetahui respon siswa kelas XI IPS 2 terhadap penerapan Google Meet dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw yang berbantukan media Quizizz. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Tahap-tahap yang dilakukan dalam PTK yaitu (1) penentuan subjek penelitian, (2) membuat rencana tindakan, (3) melaksanakan tindakan, (4) observasi, (5) evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) rata-rata hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 pada siklus I adalah 78,29% dengan kategori sedang dan ketuntasan belajar siswa mencapai 59,45%, meningkat menjadi 88,45% dengan kategori tinggi dan ketuntasan belajar siswa mencapai 78,37% pada siklus II; (2) respon siswa kelas XI IPS 2 terhadap penerapan aplikasi Google Meet dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw yang berbantukan media Quizizz pada siklus I mencapai rata-rata 39,46% dengan kategori tinggi, meningkat menjadi 42,51% pada siklus II dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa melalui penerapan aplikasi Google Meet dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw yang berbantukan media Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN 4 Singaraja.

Author Biographies

satria dwi mahendra, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Sejarah

Ketut Sedana Arta, Universitas Pendidikan Ganesha

Prodi Pendidikan Sejarah-Jurusan Sejarah, Sosiologi, dan Perpustakaan

I Wayan Putra Yasa, Universitas Pendidikan Ganesha

Prodi Pendidikan Sejarah-Jurusan Sejarah, Sosiologi, dan Perpustakaan

References

Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Hernawan, Asep Herry. 2013 Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Departemen Agama RI.

Kurt Lewin. 1946. Action research and minority problems. Victoria: Deakin University Press.

Noor, Sugian. 2020. Penggunaan Quizizz dalam Penilaian Pembelajaran pada Materi Ruang Lingkup Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati. SMAN 7 Banjarmasin. Volume.6 No.1 Tahun 2020.

Nurhayati, Erlis. 2020. Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy. SMP Negeri 1 Gangga. Volume.7 No.3 Juli 2020.

Rasna, I Wayan. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Google Meet Dalam Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Untuk Pembelajaran Bahasa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Universitas Pendidikan Ganesha. Volume.9 No.2 Oktober 2020.

Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Sofyana dan Abdul. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Universitas PGRI Madiun. Volume.8 No.1 Tahun 2019.

Sudjana, Nana. 2012. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Trisnawati. 2020. Penerapan Aplikasi Google Meet Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas XI SMA Negeri 9 Samarinda Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan. SMA Negeri 9 Samarinda.Volume.2 No.1 Januari 2021.

Downloads

Published

2022-09-01

How to Cite

mahendra, satria dwi, Arta, K. S., & Yasa, I. W. P. (2022). Penerapan Aplikasi Google Meet Pada Pembelajaran Daring Berbantukan Media Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Singaraja. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 10(2), 58–73. https://doi.org/10.23887/jjps.v10i2.43311

Issue

Section

Articles