Penerapan Pembelajaran Berbasis Discovery Learning melalui Aplikasi Powtoon pada Materi Pokok Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X AP A SMKS Puri Wisata Pancasari Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • I Wayan Suartika Pendidikan Sejarah - Universitas Pendidikan Ganesha
  • Tuty Maryati Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Putra Yasa Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Discovery Learning, Aplikasi Powtoon, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Sejarah

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah minimnya partisipasi siswa kelas X AP A SMKS Puri Wisata Pancasari dalam pembelajaran yang berdampak terhadap menurunnya motivasi dan hasil belajar sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan motivasi belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Discovery Learning melalui Aplikasi Powtoon, dan (2) peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model Discovery Learning melalui Aplikasi Powtoon. Penelitian ini termasuk kedalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan sebagai berikut (1) penentuan subjek penelitian, (2) menyusun rencana tindakan, (3) melaksanakan tindakan, (4) observasi, (5) evaluasi dan refleksi tindakan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: (1) motivasi belajar siswa kelas X AP A SMKS Puri Wisata Pancasari pada siklus I yaitu 45,45% mengalami peningkatan ketika siklus II sebesar 54,55% untuk kategori pilihan sangat setuju dan dengan demikian termasuk kategori tinggi; sedangkan (2) hasil belajar siswa kelas X AP A pada siklus I memperoleh nilai rata-rata yaitu 67,27 dan ketuntasan belajar siswa adalah 27,27, mengalami peningkatkan pada siklus II dengan rata-rata ialah 72 sementara ketuntasan belajarnya mencapai 54,55 dengan kategori “sedang”. Berdasarkan penelitian ini dapat diperlihatkan bahwa melalui diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning berbantu Aplikasi Powtoon dapat meningkatkan motivasi belajar dan terlebih lagi hasil belajar siswa kelas X AP A SMKS Puri Wisata Pancasari semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022

Author Biographies

I Wayan Suartika, Pendidikan Sejarah - Universitas Pendidikan Ganesha

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Sejarah, Sosiologi dan Perpustakaan, Universitas Pendidikan Ganesha

Tuty Maryati, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Studi Pendidikan Sejarah - Jurusan Sejarah, Sosiologi dan Perpustakaan

I Wayan Putra Yasa, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Studi Pendidikan Sejarah - Jurusan Sejarah, Sosiologi dan Perpustakaan

References

Affandi, Muhammad dan Badarudin. 2011. Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar: dengan Memasukan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Bandung: ALFABETA.

Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Anam, Amirul. 2019. Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Chanel Youtube Berbantu Aplikasi Powtoon pada Materi Suhu dan Kalor. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Ashori, Mohammad H. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Sandiarta Sukses.

Deliviana, Evi. 2017. Aplikasi Powtoon sebagai Media Pembelajaran: Manfaat dan Problematikanya. Prosiding Seminar Internasional Dies Natalis ke-56. Universitas Negeri Makassar.

Fajri, Zaenol. 2019. Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD. JURNAL IKA, Volume 7, Nomor 2 (hlm. 64-73).

Kristin, Firosalia. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Volume 6, Nomor 1 (hlm. 84-92).

Nurkancana dan Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Rohman, Mujibur. 2015. Problematika Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Madaniyah Edisi VIII, Volume 5 Nomor 1 (hlm. 1-15).

Salmi. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Dicovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XII IPS.2 SMA Negeri 13 Palembang. Jurnal Profit, Volume 6, Nomor 1 (hlm. 1-16).

Sriwidiatuti, Ni Putu. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching anda Learning (CTL) Berbantu Video Scribe pada Materi Pokok Pendudukan Jepang di Indonesia untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Sejarah Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Singaraja Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Sejarah, Sosiologi dan Perpustakaan, Universitas Pendidikan Ganesha.

Sukardi, Tanto. 2011. Tinjauan Kritis mengenai Pembelajaran Sejarah. Khazanah Pendidikan: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Volume 3 Nomor 2.

Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Thobroni, Muhammad dan Mustofa, Arif. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2022-09-01

How to Cite

Suartika, I. W., Maryati, T., & Yasa, I. W. P. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Discovery Learning melalui Aplikasi Powtoon pada Materi Pokok Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X AP A SMKS Puri Wisata Pancasari Tahun Pelajaran 2021/2022. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 10(2), 107–120. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPS/article/view/44319

Issue

Section

Articles