Peran Museum Bikon Blewut Sebagai Sumber Belajar Sejarah Di SMA Negeri 1 Maumere
Keywords:
Keywords, Museum, history, learning resourceAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran Museum Bikon Blewut sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Maumere. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. metode yang diguanakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui sejarah berdirinya Museum Bikon Blewut , koleksi-koleksi yang dipamerkan Museum Bikon Blewut adalah penemuan di bidang Paleoantropologis, masa Megalitikum, masa Neolitikum, Budaya Dongson serta penemuan di bidang Paleoantologi. Peran Museum Bikon Blewut sebagai sumber belajar sejarah di SMA Negeri 1 Maumere yakni pemanfaatan Museum Bikon Blewut dalam proses pembelajaran sejarah berkaitan dengan (KD) yakni: 3.3. Menganalisis kehidupan manusia purba dan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia (Melanesoid, Proto, dan Deutero Melayu) dan 3.4. Memahami hasil hasil dan nilai-nilai budaya masyarakat praaksara Indonesia dan pengaruhnya dalam kehidupan lingkungan terdekat.
Kata kunci: Museum, sejarah, sumber balajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Widya Winayata: Jurnal Pendidikan Sejarah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.