Dari SGKP Hingga SMK Negeri 2 Singaraja (Tinjauan Sejarah dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sejarah Di SMA)

Authors

  • Gloria Nirmala Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Oka Purnawati
  • Ketut Sedana Arta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjps.v10i3.46519

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) sejarah dan perkembangan SMK Negeri 2 Singaraja mulai dari SGKP (Sekolah Guru Kepandaian Putri) hingga menjadi SMK Negeri 2 Singaraja, (2) Sistem pendidikan yang berkembang di SMK Negeri 2 Singaraja pada kurikulum dari SGKP sampai SMK Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan langkah-langkah (1) Teknik Pengumpulan Sumber yang dilakukan melalui Observasi, Wawancara, Studi Dokumentasi,(2) Kritik Sumber (Kritik ekstern dan Kritik Intern), (3) Interpretasi (Analisis Data), (4) Hsitoriografi (Penulisan Sejarah).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) SMK Negeri 2 Singaraja merupakan sekolah yang memiliki perjalanan sejarah yang cukup panjang. Berdirinya cukup strategis. Berdirinya SMK Negeri 2 Singaraja dilatarbelakangi oleh adanya faktor pembangunan. Perkembangan SMK Negeri 2 Singaraja sangat pesat sehingga menjadikannya sekolah mandiri yang awalnya dari SGKP (Sekolah Guru Kepandaian Putri) hingga menjadi SMK Negeri 2 Singaraja.

Kata kunci : Sejarah, Sistem pendidikan, Kurikulum

Author Biography

Gloria Nirmala, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Sejarah

References

Ahmadi, Rulam. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogjakarta: AR: RUZZ MEDIA.

Danim, Sudarwan. 2011. Pengantar Pendidikan. Bandung: ALFABETA

Muldyahardjo, Redja. 2012.Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-Dasar Pendidikan Pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia: Pt. Raja Grafindo Persada.

Hamalik, Oemar. 2007. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya

A. Lubis, 2013. Pelaksanaan Standar Nasional Dalam Dunia Pendidikan. Yogjakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Nirmala, G., Purnawati, D. M. O., & Arta, K. S. (2022). Dari SGKP Hingga SMK Negeri 2 Singaraja (Tinjauan Sejarah dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sejarah Di SMA). Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 10(3), 96–101. https://doi.org/10.23887/jjps.v10i3.46519

Issue

Section

Articles