A Pura Dalem Padangbulia,Sukasad, Buleleng, Bali (Sejarah, Struktur dan Fungsi Dengan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sejarah di SMA)

Authors

  • kadek saiasih universitas pendidikan ganesha
  • I Made Pageh
  • Tuty Maryati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjps.v10i3.48473

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) sejarah berdirinya Pura Desa Padang Bulia, Sukasada, Buleleng, Bali, (2) struktur dan fungsi Pura Dalem Padangbuli, dan (3)potensi yang terdapat di Pura Padang Bulia yang dapat dijadikan sumber belajar sejarah di SMA. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitin sejarah meliputi:(1) Pengumpulan data (heuristic) dengan Observasi, Wawancara, dan Studi dokumen. (2) Kritik Sumber. (3) Interpretasi dan (4) Historiografi. Hasil penelitian menujukkan bahwa: sejarah Pura Siwa Sila Gatra memiliki kaitan erat dengan ditaklukannya Tamblingan oleh Majapahit yang membuat masyarakat Tamblingan bermigrasi ke berbagai daerah. Struktur Pura Siwa Sila Gatra menggunakan konsep dwi mandala yaitu jeroan dan jaba sisi. Fungsi Pura Dalem Padangbulia yaitu (1) fungsi religius, (2) fungsi sosial, (3) fungsi budaya, dan (5) fungsi pendidikan. Adapun potensi Pura Dalem Padangbulia ialah aspek historis, aspek pendidikan karakter.

Kata Kunci: Sejarah, Pura Dalem Padangbulia, Sumber Belajar Sejarah

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

saiasih, kadek, Pageh, I. M. ., & Maryati, T. . (2022). A Pura Dalem Padangbulia,Sukasad, Buleleng, Bali (Sejarah, Struktur dan Fungsi Dengan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sejarah di SMA). Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 10(3), 114–125. https://doi.org/10.23887/jjps.v10i3.48473

Issue

Section

Articles