Pengembangan Aplikasi Articulate Storyline Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Indonesia Di SMA Negeri 1 Tegaldlimo
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjps.v11i1.51940Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah minimnya Sumber belajar yang diberikan guru kepada siswa yang hanya bersifat tekstual saja, kurang adanya kreasi seperti gambar, audio, ataupun video yang bisa menjelaskan isi materi secara rinci dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Discovery Learning pada mata pelajaran Sejarah Indonesia di SMA Negeri 1 Tegaldlimo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D), dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek dari penelitian ini adalah pada siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Tegaldlimo yang berjumlah 36 siswa. Dari penelitian ini, diperoleh sebuah produk media pembelajaran interaktif dengan menggunakan Articulate Storyline, hasil yang diperoleh dari validitas ahli isi dan ahli media mendapat rata-rata sebesar 1,00 “sangat tinggi”, dari uji coba perorangan, kelompok kecil dan kelompok besar masing-masing mendapat nilai rata-rata 83%, 85% dan 83% dengan kriteria “Baik”. Selain itu, hasil dari respon guru mendapatkan rata-rata sebesar 50 dengan kriteria “sangat praktis” dan peserta didik mendapatkan rata-rata sebesar 60,19 dengan kriteria “Sangat Praktis”. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif ini sudah layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Discovery learning, Pembelajaran Interaktif, ADDIE
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Widya Winayata: Jurnal Pendidikan Sejarah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.