Sejarah Pertempuran Selat Bali sebagai Sumber Belajar Sejarah Siswa SMA di Bali dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter

Authors

  • Muhammad Rafi Dwi Wijaya Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjps.v10i3.53277

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) sejarah Pertempuran Selat Bali, 2) nilai-nilai yang terdapat dalam sejarah Pertempuran Selat Bali, dan 3) pemanfaatan nilai-nilai dalam sejarah Pertempuran Selat Bali sebagai sumber belajar dalam upaya penguatan pendidikan karater. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif, yang mana artinya hasil dari penelitian ini akan dijelaskan secara deskriptif menggunakan kata-kata. Penelitian deskriptif-kualitatif dipilih dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran mengenai sejarah Pertempuran Selat Bali sebagai sumber belajar dalam penguatan pendidikan karakter secara deskriptif dalam bentuk kata-kata, bahasa yang ilmiah, dan metode ilmiah yang jelas. Hasil dari penelitian ini adalah pengetahuan mengenai sejarah Pertempuran Selat Bali yang ternyata berkaitan erat dengan datangnya pasukan Sekutu dan NICA, serta diketahui juga nilai-nilai yang terkandung dalam Pertempuran Selat Bali, seperti nilai semangat kerja sama dan kebersamaan, nilai keberanian dalam memimpin dan mengambil risiko, nilai mengoptimalkan fasilitas dan sumber daya yang ada, nilai kecintaan dan rasa memiliki terhadap tanah air, dan nilai kerja keras dan pantang menyerah. Sehingga sejarah Pertempuran Selat Bali ini dapat digunakan sebagai sumber belajar yang penuh dengan edukasi dan inspirasi bagi siswa SMA di Bali dalam upaya penguatan pendidikan karakter.

Kata Kunci: Pertempuran Selat Bali, Sumber Belajar, Pendidikan Karakter

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Dwi Wijaya, M. R. (2022). Sejarah Pertempuran Selat Bali sebagai Sumber Belajar Sejarah Siswa SMA di Bali dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 10(3), 38–50. https://doi.org/10.23887/jjps.v10i3.53277

Issue

Section

Articles