Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Melalui Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) Mata Pelajaran Sejarah Kelas X.9 Di SMA Negeri 1 Indralaya
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjps.v11i2.54736Abstract
Dewasa ini, masalah pengukuran, penilaian, dan evaluasi pendidikan merupakan masalah yang selalu terkandung dalam pekerjaan dan pendidikan keguruan. Sehingga oleh karena itu, sudah seharusnya menjadi salah satu bagian yang penting dalam kelengkapan keahlian seorang guru. Penelitian ini berusaha untuk mengambangkan pengukuran hasil belajar siswa serta menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa-siswi melalui soal berbasis hots pada mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Indralaya. Dalam penelitian ini untuk mengetahui tingkat berpikir tingkat tinggi melalui hasil uji coba soal berbasis HOTS, penulis melakukan beberapa metode pengambilan data dengan menggunakan teknik tes tertulis, yaitu: Tes Tulis Objektif, yaitu menggunakan 5 soal dengan bentuk pilihan ganda dan Tes Tulis Uraian, yaitu terdiri dari 5 soal essai yang terikat, sehingga harapannya jawaban yang dituliskan juga tidak menyimpang dari pertanyaannya. Analisis data yang digunakan dalam uji coba soal ini menggunakan teknik validitas. Uji coba soal mata pelajaran sejarah ini dilakukan pada tanggal 19 Oktober 2022 bertempat di SMA Negeri 1 Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Berdasarkan hasil analisis data yang kami lakukan pada saat melakukan penelitian percobaan soal berbasis HOTS di SMA Negeri 1 Indralaya, kami memperoleh hasil bahwa dari 10 butir soal yang kami berikan yaitu soal berbentuk objektif berupa pilihan ganda dan soal essay atau bentuk uraian, terdapat 70% (7 soal) yang dinyatakan valid dan 30% (3 soal) yang dinyatakan tidak valid.
Kata Kunci: Soal HOTS, Uji coba, Penilaian, SMA Negeri 1 Indralaya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Widya Winayata: Jurnal Pendidikan Sejarah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.