Museum Agung Bung Karno Denpasar, (Sejarah Dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sejarah Di SMA)

MUSEUM AGUNG BUNG KARNO DENPASAR, (SEJARAH DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA)

Authors

  • Mathias Maranata Surbakti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Sedana Arta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Oka Purnawati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjps.v11i2.58944

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan latar belakang pendirian Museum Agung Bung Karno, (2) Mendeskripsikan koleksi-koleksi yang terdapat pada Museum Agung Bung Karno (3) Mengetahui nilai-nilai yang terdapat pada Museum Agung Bung Karno yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar sejarah di SMA. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian sejarah, diantaranya adalah (1) pengumpulan sumber, (2) kritik sumber intern dan ekstern, (3) Interpretasi (penafsiran), (4) Historiografi (penulisan sejarah).  Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Latar belakang sejarah pendirian Museum Agung Bung Karno didirikan karena dedikasi Gus Marhaen sebagai pekerja sejarah dan untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas mengenai tokoh Bung Karno sehingga dapat menambahkan rasa nasionalisme. (2) Koleksi-koleksi yang ada di Museum Agung Bung Karno terdiri dari foto-foto bung karno, mobil klasik, buku-buku yang membahas tokoh Bung karno, tempat tidur Bung karno. (3) Nilai-niai yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar sejarah yaitu nilai nasionalisme dan patriotism, nilai religi, nilai estetika, nilai rekreatif, dan nilai edukasi.

 

Kata kunci: Museum Agung Bung Karno, Sejarah, Sumber Belajar Sejarah.

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Surbakti, M. M., Arta, K. S., & Purnawati, D. M. O. . (2023). Museum Agung Bung Karno Denpasar, (Sejarah Dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sejarah Di SMA): MUSEUM AGUNG BUNG KARNO DENPASAR, (SEJARAH DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA). Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 11(2), 114–125. https://doi.org/10.23887/jjps.v11i2.58944

Issue

Section

Articles