Implementasi Pembelajaran Sejarah Berdasarkan Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Padang
Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjps.v11i1.59513Abstract
Berbagai inovasi dan pengembangan dalam mendesain pembelajaran telah dilakukan oleh pemerintahan Indonesia, salah satunya perubahan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk membahas perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran sejarah berdasarkan Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan evaluatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kurikulum Merdeka telah diimplementasikan dengan baik dalam pembelajaran sejarah di SMAN 2 Padang. Guru-guru sejarah di SMAN 2 Padang telah memanfaatkan Kurikulum Merdeka untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran yang mempertimbangkan tahap perkembangan dan tingkat pencapaian perserta didik dalam meningkatkan minat dan bakat siswa. Namun demikian masih terdapat kendala seperti kurangnya pemahaman beberapa guru mengenai Kurikulum Merdeka. Beberapa guru masih mengalami kesulitan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Merdeka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Widya Winayata: Jurnal Pendidikan Sejarah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.