Pondok Pesantren Nurul Huda (NW) Di Desa Subagan, Karangasem, Bali Kajian Tentang Sejarah Dan Nilai Pendidikan Karakter Di SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjps.v11i2.64072Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Sejarah berdirinya Pondok Pesantren Nurul Huda, Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Huda, Potensi Pondok Pesantren Nurul Huda yang dapat digunakan sebagai sumber belajar dan nilai Pendidikan Karakter di SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode penelitian sejarah melalui beberapa langkah yakni, heuristik ( teknik penentuan informan, observasi, studi dokumen dan wawancara), interpretasi dan historiografi. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dengan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan, Pondok Pesantren Nurul Huda berdiri pada tahun 1965 yang diusulkan oleh Abdul Karim melalui kesepakatan warga sekitar, Struktur kurikulum Pondok Pesantren Nurul Huda ini meliputi ranah pengembangan kognitif (pengetahuan tentang agama islam), affective (sikap yang diharapkan sebagai seorang muslim, dan psikomotor (kompetensi berdasarkan bakat dan minat seperti kaligrafi, dll) santri dan santriwati dan nilai nilai Pondok Pesantren sebagai pendidikan karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila di SMA/MA adalah beriman,bertakwa kepada tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif..
Kata kunci: media pembelajaran, pendidikan karakter, sistem pendidikan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bintang Prakasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.