Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS SMAN 1 Sukasada

Authors

  • Ida Ayu Widya Pratiwi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Tuty Maryati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Sedana Arta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjps.v11i2.64111

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pola pendidikan karakter yang diterapkan di SMAN 1 Sukasada, (2) pola pendidikan karakter yang diterapkan pada pembelajaran Sejarah di kelas XI IPS SMAN 1 Sukasada, dan (3) kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam penerapan pola pendidikan karakter pada pembelajaran Sejarah di kelas XI IPS SMAN 1 Sukasada. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang selanjutnya dipaparkan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pendidikan karakter di SMAN 1 Sukasada diterapkan dengan baik pada kegiatan intrakurikuler maupun esktrakurikuler sekolah. Selain itu pendidikan karakter juga diterapkan pada proses pembelajaran termasuk pada pembelajaran Sejarah. Implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran Sejarah diterapkan pula pada kelas XI IPS melalui berbagai bentuk kegiatan dalam tahapan pembelajaran di dalam maupun luar kelas. Penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran Sejarah di kelas XI IPS juga mengalami kendala- kendala yang dihadapi oleh guru maupun siswa. Perbedaan latar belakang keluarga dari siswa menjadi menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi proses implementasi pendidikan karakter tersebut, Ketidakmampuan guru mengembangkan perangkat pembelajaran yang terintegrasi dengan pendidikan karakter juga akan mempengaruhi proses implementasi pola pendidikan karakter yang diinginkan.

 

Kata kunci: Implementasi, Karakter, Pendidikan

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Ida Ayu Widya Pratiwi, Maryati, T. ., & Arta, K. S. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS SMAN 1 Sukasada. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 11(2), 126–135. https://doi.org/10.23887/jjps.v11i2.64111

Issue

Section

Articles