Sejarah Napak Tilas Perjuangan I Gusti Ngurah Rai ke Tanah Aron Karangasem, Bali dan Potensinya Sebagai Penguat Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka di SMA

Authors

  • Ni Kadek Yiena Widiani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Oka Purnawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Sedana Arta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjps.v12i3.79883

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui latar belakang, proses pelaksanaan, dan potensi Napak Tilas Perjuangan  I Gusti Ngurah Rai di Karangasem sebagai penguat profil pelajar Pancasila di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling, dan studi dokumen. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil penelitian yang ditemukan meliputi 1) Napak Tilas Perjuangan I Gusti Ngurah Rai merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengenang peristiwa long march ke Gunung Agung khususnya kedatangan pasukan I Gusti Ngurah Rai di Pemuteran sampai pertempuran besar Tanah Aron dan pengenalan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi muda, 2) Dalam proses pelaksanaan terdapat tahap persiapan yang meliputi rapat awal dan technical meeting dan dilanjutkan dengan pelaksanaan kegiatan yang dimulai dari Pemuteran, Etape I, Monumen Tanah Aron, Etape II, Yayasan Yasa Kerti Amlapura dan upacara bendera di Lapangan Tanah Aron Amlapura. 3) Napak tilas ini mengandung nilai-nilai yang bersesuaian dengan profil pelajar Pancasila, sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar yang penuh dengan edukasi dan inspirasi bagi siswa SMA dalam upaya penguatan profil pelajar Pancasila.

Published

2024-12-31

How to Cite

Widiani, N. K. Y., Purnawati, D. M. O. ., & Arta, K. S. (2024). Sejarah Napak Tilas Perjuangan I Gusti Ngurah Rai ke Tanah Aron Karangasem, Bali dan Potensinya Sebagai Penguat Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka di SMA. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 12(3), 154–167. https://doi.org/10.23887/jjps.v12i3.79883

Issue

Section

Articles