Ragam Hias Pura Dangin Carik Di Desa Tejakula, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng

Authors

  • Gede Maha Semaya Bakti .
  • Drs. I Gusti Ngurah Sura Ardana,M.Sn. .
  • Ketut Nala Hari Wardana, S.Sn. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpsp.v4i1.2137

Abstract

Seni ragam hias maupun ukiran mempunyai peranan penting sebagai hiasan bangunan tempat suci di Bali dan pada bangunan rumah maupun benda fungsional dan benda hias. Di Desa Tejakula, Kecamatan Tejakula, Kabupaten buleleng kerajinan ukiran menjadi sumber mata pencaharian bagi pengerajin ukiran. Ukiran yang dibuat di Desa Tejakula merupakan kerajinan ukiran dengan ke cirikhasan motif ragam hias dan teknik ukir. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan motif ragam hias ukiran pada bangunan Pura Dangin Carik di Desa Tejakula, bahan dan alat yang dipergunakan, dan proses pembuatan motif ragam hias ukiran. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan, sedangkan pendekatan yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis domain dan taksonomi.
Kata Kunci : ukiran, ragam hias.

Decorative art or carving has important role as decoration of temples in Bali and on house buildings or functional and decorative goods. In Tejakula Village, Tejakula District, Buleleng Regency, carving becomes main occupation for carving artists. Carving that is made in tejakula Village is carving with special characteristics of decorative motives and carving technipues. This research aims to describe decorative carving motive at Dangin Carik Temple in Tejakula, materials and tools needed, and the process of creating decorative carving motive. The data was collected using observation techniques, interview, documentation, and literature, meanwhile approaches used to analyze the data were domain analysis and taxonomy.
keyword : carving, decorative art

Published

2014-02-01

Issue

Section

Articles