PERANCANGAN MEDIA PROMOSI SENI LUKIS KACA DESA NAGASEPAHA

Authors

  • Made Riki Agus Artana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpsp.v10i2.35792

Abstract

Seni Lukis kaca Nagasepaha muncul tahun 1927 diinisiasi Ketut Negara atau dikenal Jro Dalang Diah. Beliau lahir di desa Nagasepaha pada tahun 1909. sebelum melukis, Beliau adalah seorang dalang dan pembuat wayang. Jro Dalang Diah menekuni seni lukis kaca berawal dari Wayan Nitia  kala itu tahun 1927 membawa lukisan kaca menggambarkan orang Cina. Keahlian melukis kaca kemudian diturunkan kepada anak cucu hingga cicitnya, kini sudah 4 generasi menekuni seni lukis kaca. Generasi pertama Jro Dalang Diah sendiri. Seni lukisan kaca Nagasepaha berkarakter unik, karena dari kaca dan dibuat terbalik, dengan tampilan berbeda, lukisan kaca Nagasepaha memiliki ciri khas berbeda dengan Bali selatan. Seni lukisan kaca Nagasepaha telah  menjalani sejarah panjang, tetapi banyak masyarakat belum mengetahuinya, baik masyarakat lokal atau masyarakat mancanegara. Maka, dalam mata kuliah Tugas Akhir ini  digaraplah suatu Branding  untuk mempromosikan keberadaan seni lukisan kaca Nagasepaha yang meliputi beberapa media promosi seperti logo, brosur, poster hingga pembuatan video.

Downloads

Published

2020-06-20

Issue

Section

Articles