PERANCANGAN MEDIA PROMOSI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL RUMAH MAKAN WARUNG AYU KALIBUKBUK LOVINA

Authors

  • kadek ary angga wijaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpsp.v11i2.37345

Abstract

Abstrak 

 

Perancangan media Desain Komunikasi Visual promosi dilakukan di rumah makan Warung Ayu yang terletak di desa Kalibukbuk, Lovina. Rumah makan Warung Ayu ini sudah berdiri sejak tahun 2011 dengan menyediakan berbagai macam makanan mulai dari makanan khas Indonesia, Eropa, dan juga makanan khas Bali. Namun, kekurangan dari rumah makan Warung Ayu ini adalah pada bidang promosi. Media promosi yang mendukung rumah makan Warung Ayu ini hanya menggunakan papan nama, banner, dan kartu nama. Pada penelitian ini, peneliti merancang karya Desain Komunikasi Visual media promosi yang dapat mendukung kebutuhan promosi dari rumah makan Warung Ayu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempromosikan rumah makan Warung Ayu dengan menggunakan media-media Desain Komunikasi Visual agar bisa menarik pelanggan dan juga terlihat inovatif. Media utama dari penelitian ini adalah video promosi dan juga media – media promosi pendukung lainnya yang dirancang oleh peneliti adalah X-Banner, brosur, totebag, menu makanan, logo, poster, dan papan nama.  

Kata Kunci: Desain Komunikasi Visual, promosi, rumah makan. 

 

Abstract

 

The design of the promotional Visual Communication Design media was carried out at the Warung Ayu restaurant located in Kalibukbuk village, Lovina. Warung Ayu restaurant has been established since 2011 by providing various kinds of food ranging from Indonesian, European, and Balinese specialties. However, the drawback of this Warung Ayu restaurant is in the field of promotion. The promotional media that supports the Warung Ayu restaurant only uses nameplates, banners, and business cards. In this study, researchers design the work of Visual Communication Design for promotional media that can support the promotional needs of the Warung Ayu restaurant. The purpose of this research is to promote the Warung Ayu restaurant by using Visual Communication Design media in order to attract customers and also look innovative. The main media of this research are promotional videos and also other supporting promotional media that designed by researchers are X-Banners, brochures, tote bags, food menus, logos, posters, and name boards.

Keywords: Visual Communication Design, promotion, restaurant

Downloads

Published

2021-05-01

Issue

Section

Articles