PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DI KELAS IV SDN 2 LENDANG NANGKA UTARA

Authors

  • Sinta Yuli Putri Marta Sari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Sila Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Suartini Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Abstrak
Artikel ini berjudul “Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya di Kelas IV SDN 2 Lendang Nangka Utara”. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran materi seni kolase di kelas IV SDN 2 Lendang Nangka Utara, untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil pembelajaran materi seni kolase di kelas IV SDN 2 Lendang Nangka Utara.
Sumber data diperoleh dari observasi dengan pelaksanaan uji coba tindakan, observasi langsung, wawancara, dokumentasi arsip dan foto. Data kualitatif yang diperoleh dianalisis melalui reduksi, penyajian, data dan menarik kesimpulan. Dengan demikian hasil penelitian ini dilaksanakan pada 36 siswa kelas IV SDN 2 Lendang Nangka Utara menyimpulkan: Proses pembelajran seni budaya dan
prakarya seni kolase di kelas IV SDN 2 Lendang Nangka Utara dilaksanakan dalam beberapa tahapan yakni; aktivitas merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi. Keseluruhan pembelajaran seni budaya dan prakarya seni kolase berjalan cukup lancar. Dalam pengevaluasian hasil karya, nilai rata – rata yang didapatkan siswa kelas IV yaitu 78,4 yang artinya termasuk pada kriteria yang baik, berdasarkan hasil evaluasi dan analisis yang dilakukan, terdapat siswa yang memiliki nilai dalam kategori baik, cukup dan perlu pendampingan. Pekerjaan siswa dalam kategori baik ada 22 orang, kategori cukup 8 orang dan kategori perlu pendampingan ada 6 orang. Hal ini menunjukkan bahwa pembuatan seni kolase siswa sudah baik.
Kata – kata Kunci: Pembelajaran, Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), Seni Kolase


Abstract
This article is entitled “Cultural Arts and Crafts Learning in Class IV SDN 2 Lendang Nangka Utara”. The purpose of writing this article is to find out and describe the learning process of collage art material in class IV SDN 2 Lendang Nangka Utara, to find out and describe the learning outcomes of collage art material in class IV SDN 2 Lendang Nangka Utara. Sources of data obtained from observations with the implementation of action trials, direct observation, interviews, archive documentation and photos. The qualitative data obtained were analyzed through reduction, presentation, data and drawing conclusions. Thus, the results of this study were carried out on 36 fourth grade students at SDN 2 Lendang Nangka Utara. It concluded: The process of learning art and culture and collage art in grade IV 2 Lendang Nangka Utara was carried out in several stages, namely; planning, implementing and evaluating activites. The whole learning of art and culture and collage art work went quite smoothly. In evaluating the work, the average value obtained by class IV students 78,4 which means that it is included in good criteria, based on the results of the evaluation and analysis carried out, there are students who have scores in the good category, sufficient and need assistance. There are 22 students in the good category, the sufficient category is 8, and the category needs assistance is 6 people. This shows that the students’ art of collage making is good.
Keywords: Learning, Cultural Arts and Crafts (CAaC), Collage Art

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles