Penerapan Metode “Copy The Master” sebagai Perangsang Daya Cipta Anak dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Menggambar di Tk Kumara Satya Dharma Singaraja

Authors

  • Luh Budiaprilliana .
  • Drs.Jajang S,M.Sn .
  • Drs.Mursal .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpsp.v5i1.5945

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) gambaran proses kegiatan menggambar di TK Kumara Satya Dharma dengan menggunakan metode “Copy The Master” dan (2) analisis hasil karya anak-anak dalam kegiatan menggambar di TK Kumara Satya Dharma dengan menggunakan metode “Copy The Master”. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimental (eksperimen semu). Data diperoleh menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penyajian data dilakukan dengan memaparkan gambaran proses kegiatan menggambar dengan menggunakan metode “Copy The Master” dan analisis hasil karya anak-anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kegiatan menggambar di TK Kumara Satya Dharma Singaraja dengan menggunakan metode “Copy The Master” awalnya membuat anak-anak kelompok manipulasi kebingungan karena mereka terbiasa didikte dalam kegiatan menggambar. Pada eksperimen-eksperimen berikutnya hingga eksperimen kedelapan menunjukkan munculnya sikap antusias dan kritis pada anak terkait dengan tema yang diangkat dan contoh gambar yang dipajang di papan tulis. Bahkan secara umum anak-anak tampak menuangkan ekspresinya melalui kegiatan menggambar. Pada eksperimen kedelapan yaitu menggambar bebas mereka juga tampak antusias. (2) Gambar-gambar hasil karya anak-anak kelompok manipulasi pada eksperimen pertama sampai ketujuh tampak memiliki objek-objek yang lebih bervariasi dibandingkan gambar-gambar hasil karya anak-anak kelompok kontrol. Pada eksperimen kedelapan yaitu kegiatan menggambar bebas pada kelompok kontrol maupun kelompok manipulasi, tampak bahwa muncul gejala yang sama yaitu munculnya pola gambar gunung kembar.
Kata Kunci : metode “Copy The Master”, daya cipta, eksperimen

This research intended to describe about (1) description of drawing activity at TK Kumara Satya Dharma by using “Copy The Master” method and (2) analysis of children’s artworks in drawing activity at TK Kumara Satya Dharma by using “Copy The Master” method. This research used quasi experimental method. The data was gotten by observations, interviews, and documetation. Data was presented by describing the process of drawing activity by using “Copy The Master” method and analysis of children’s artworks. The result of the research shows that (1) drawing activity at TK Kumara Satya Dharma Singaraja by using “Copy The Master” method, firstly makes children in manipulation group confused because they usually being dictated in drawing activity. In the next experiments until the eighth experiment show the appearance of entusiastic and critical attitude of the children related to the theme sample image that being pinned on the whiteboard. Even generally children seem express their expressions by drawing. In the eighth experiment, that is the free drawing activity they also seem enthusiastic. (2) children’s artworks in manipulation group on the first experiment until the seventh experiment have more variatif objects than the children’s artworks in the control gorup. On the eighth experiment, that is free drawing in the control group and manipulation group, show that both have a same symptom of twin mountain image pattern.
keyword : “Copy The Master” method, creativity, experiment

Published

2015-08-12

Issue

Section

Articles