Pembelajaran Melukis dengan Teknik Mixed Media Oleh Guru Seni Lukis di SMK Negeri 1 Sukasada

Authors

  • Bilqis Dini Adzkiya Nisa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Langen Bronto Sutrisno Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Suartini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpsp.v13i1.60971

Abstract

Pembelajaran Melukis dengan Teknik Mixed Media Oleh Guru di SMK Negeri 1 Sukasada diteliti dengan menggunakan penelitian kualitatif yang meliputi: 1) Pendekatan mixed media yang diterapkan oleh guru terhadap kelas fase F seni lukis di SMK Negeri 1 Sukasada, 1) Proses atau langkah pengajaran mixed media yang dilakukan oleh guru terhadap kelas fase F seni lukis di SMK Negeri 1 Sukasada, 3) Hasil karya mixed media oleh siswa kelas fase F seni lukis di SMK Negeri 1 Sukasada. Data didapatkan dengan observasi serta wawancara terhadap guru seni lukis SMK Negeri 1 Sukasada kemudian diolah menggunakan model Miles dan Huberman (1984). Hasil penelitian yaitu: 1) Penggunaan pendekatan Inspiratif atau stimulasi, 2) Proses pembelajaran menggunakan pengajaran Konstruktivisme, 3) Hasil karya siswa kelas fase F seni lukis mixed media. Kesimpulan penelitian yang dilakukan adalah peran guru terhadap pembelajaran yang dilakukan serta cara guru dalam menyampaikan pembelajaran mixed media harus dilakukan dengan tepat dan sesuai sasaran.
Kata-kata Kunci: pembelajaran, seni lukis, mixed media.

Published

2023-04-30

Issue

Section

Articles