PENGGUNAAN APLIKASI IBIS PAINT X PADA PEMBELAJARAN KELAS FASE F SENI LUKIS DIGITAL DI SMK NEGERI 1 SUKASADA

Authors

  • I Gusti Ngurah Alit Sudiarsana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Rediasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Agus Sudarmawan Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Seni digital adalah metode menciptakan sebuah seni digital atau teknik untuk membuat seni digital dalam computer dan smartphone. Sebagai metode menciptakan sebuah seni,menyesuaikan media lukisan tradisional seperti cat akrilik, minyak, tinta, dll dan pigmen berlaku untuk operator tradisional, seperti kain tenun kanvas, kertas, polyester dll dengan menggunakan perangkat lunak computer atau smartphone. Dari banyaknya aplikasi yang tersedia guru seni lukis di SMKN 1 Sukasada memilih aplikasi Ibis Paint untuk dijadikan sebagai aplikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran seni lukis digital yang bertujuan untuk memperoleh data tentang (1) Aplikasi digital yang digunakan pembelajaran seni rupa digital (2) Langkah-langkah dan tahapan pelaksanaan pembelajaran seni lukis digital. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Aplikasi yang digunakan pembelajaran seni rupa digital pada siswa fase f kelas seni lukis di SMK Negeri 1 sukasada yaitu ibis paint x. (2) langkah-langkah dan tahapan pelaksanaan pembelajaran seni rupa digital yaitu memahami tools dan kompoten yang terdiri dari aplikasi ibis paint x . tahapan ibis paint x yaitu pemilihan ukuran kanvas, kus, warna,membuat sketsa, membuat line art, dll. Tools ibis paint x yaitu transform, magic tool, lasso tool, filter, smudge, dll.

 

Kata-kata Kunci : Aplikasi (Ibis Paint x), Smartphone, Tools.

Published

2023-12-30

Issue

Section

Articles